Blog

24 Kecamatan Fokus Bersihkan Saluran Air Dalam Program Padat Karya

KOTA BANDUNG – Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Bandung menggagas program padat karya telah digulirkan di 24 Kecamatan dengan proyek membersihkan saluran air. Hal itu sebagai upaya untuk mencegah banjir.

Kepala Humas Kota Bandung, Kepala Disnaker Kota Bandung, Andri Darusman mengatakan, program padat karya difokuskan untuk membersihkan saluran air di pemukiman dari sampah salah satunya untuk mencegah banjir.

“Dengan padat karya apalagi sedang musim penghujan saluran air dapat kita bersihkan ini juga dalam upaya kita mencegah terjadinya banjir,” ujarnya saat menghadiri pelaksanaan Padat Karya di Kelurahan Pasir Kaliki Kecamatan Cicendo, Rabu (5/10/2022).

Ia berharap, dengan hadirnya program padat karya dapat membantu kebersihan wilayah.

“Mudah-mudahan dapat membantu kebersihan wilayah, terutama masalah Bandung kan salah satunya sampah dan banjir,” katanya.

Ia mengatakan, program padat karya banyak diminati masyarakat. Untuk itu, pihaknya telah mengajukan program serupa untuk dilanjutkan di 151 Kelurahan.

“Tentunya masih kurang. Masih banyak titik titik belum tergarap. Kita inginnya ini terus berlanjut di 151 kelurahan,” katanya.

Menurut dia, banyak sekali yang ingin ikut serta dalam padat karya, di Cicendo ada 80 orang jadi dibagi 5 hari. Kemudian di Sukajadi ada 200 orang jadi dibagi 2 hari.

“Ini menjadi konsen kita juga agar bermanfaat bagi semua,” ujarnya.

Sementara itu, Lurah Pasirkaliki Kecamatan Cicendo, Bonda Prabu Nur’alam mengatakan, program padat karya di wilayahnya berfokus pada pembersihan sampah di saluran air dan ranting-ranting pohon.

“Alhamdulillah sampah yang didapatkan di volume 500-750 meter kubik. Lingkungan menjadi bersih dan sehat bisa didapatkan,” ujarnya.

Ia menyebut, peserta padat karya di kelurahan Pasir Kaliki berjumlah 50 orang. Mereka merupakan warga yang belum memiliki pekerjaan.

“Terima kasih atas adanya perluasan kerja warga terdampak kenaikan BBM, warga pengangguran di masyarakat minimal ada perbaikan untuk kebutuhan mereka dari padat karya ini,” katanya.(*)

No Comment

1
No Comments

Post a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.