Institusi Pendidikan Harus Mengintensifkan Pengelolaan Lingkungan

Kerja sama tersebut mencakup beberapa hal, salah satunya sinkronisasi dukungan dan kebijakan guna mengintegrasikan aspek keberlanjutan dalam kurikulum pendidikan. Selain itu, mencakup pengembangan dan peningkatan kapasitas bagi tenaga pendidik, tenaga kependidikan, dan mahasiswa dalam edukasi dan praktik pengelolaan sampah.
Peningkatan riset dan inovasi di bidang pengelolaan lingkungan juga masuk dalam isi nota kesepahaman. Institusi pendidikan juga didorong untuk melaksanakan kegiatan perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup.
Selain itu, memanfaatkan dan optimalisasikan sarana dan prasarana pendidikan untuk mendukung sistem pengelolaan sampah yang lebih efisien. Kemendiktisaintek dan KLH/ BPLH juga akan saling bertukar dan pemanfaatan data serta informasi untuk mendukung pengambilan keputusan berbasis bukti dalam kebijakan lingkungan dan pendidikan.
Wakil Menteri Diktisaintek, Prof. Dr. Fauzan, M.Pd., menegaskan pentingnya perguruan tinggi sebagai motor penggerak perubahan perilaku terhadap pengelolaan sampah. “Sejalan dengan semangat kampus transformatif, perguruan tinggi memiliki peran strategis dalam mencari solusi terhadap berbagai permasalahan sosial, termasuk isu lingkungan yang telah menjadi perhatian nasional sejak 1990-an,” tegas Wamen Fauzan sepeeti dikutip dari laman kemenlh.go.id.
Nota Kesepahaman antara KLH/BPLH dan Kemendiktisaintek ini berlaku selama lima tahun ke depan dan akan dievaluasi secara berkala guna memastikan implementasi yang optimal. Diharapkan, inisiatif ini akan menjadi katalis bagi gerakan sadar lingkungan yang lebih luas di sektor pendidikan dan masyarakat.
Dengan adanya kolaborasi ini, sekolah dan kampus di seluruh Indonesia diharapkan dapat menjadi contoh dalam pengelolaan sampah yang berkelanjutan, sekaligus mencetak generasi penerus yang lebih peduli terhadap lingkungan. Pemerintah, dunia pendidikan, dan masyarakat diharapkan dapat bekerja sama menuju masa depan Indonesia yang lebih bersih dan lestari.*
No Comment