Blog

Antisipasi Longsor Sampah Sektor 7 Bersihkan Tumpukan Sampah Bojongasih

KAB.BANDUNG-Antisipasi longsor sampah, Satuan Tugas Citarum Harum Sektor 7 bersama warga RW 04 Kampung Bojongasih Desa Dayeuhkolot, Komunitas BBBS (Bandung Bedas Bersih Sampah), Tim Bedas Dayeuhkolot dan Komunitas Forum Masyarakat Peduli Lingkungan Dayeuhkolot membersihkan sampah-sampah yang sudah menumpuk di wilayah tersebut. Selain dengan alat manual, kegiatan dibantu dengan alat berat (Excavator) dan 1 unit truk angkut sampah dari Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bandung.

Dansektor 7 Satgas Citarum Kolonel Inf Jefson Marisano menuturkan, sampah-sampah tersebut harus segera diangkut karena dikawatirkan sampah-sampah longsor ke sisi kiri yang merupakan anak sungai kecil yang aliran airnya langsung ke Sungai Citarum.

“Dalam mengantisipasi musim hujan khususnya wilayah Sektor 7 Satgas Citarum yang sering terdampak banjir perlu kita lakukan pembersihan sampah,”kata dia.

Diketahui wilayah Sektor 7 seperti Kelurahan Andir Kecamatan Baleendah dan wilayah Desa Dayeuhkolot Kecamatan Dayeuhkolot kerap menjadi langganan banjir. Saat ini sedang berjalan pembangunan kolam retensi dan beberapa polder sampai akhir tahun 2021 ini.

Namun demikian ada upaya-upaya lain dalam pencegahan banjir baik melalui sosialisasi, edukasi dan langsung praktek di lapangan yaitu bersih-bersih sampah.

“Sektor 7 Satgas Citarum selalu mempunyai komitmen peduli terhadap lingkungannya. Bersama pegiat Lingkungan membersihkan sampah-sampah yang menumpuk agar nantinya tidak terjadi banjir di wilayah tersebut,”ucap dia.

Dansub 01 Dayeuhkolot Serma Erfin bersama anggota dan 45 orang pegiat lingkungan bekerja sama tanpa mengenal lelah mengumpulkan sampah-sampah untuk dimasukkan kedalam 200 karung yang sudah disiapkan dan alat berat pun juga membantu mengambil sampah dan memindahkannya ke dalam truk sampah.

Dansub juga tak lupa sekaligus memberikan arahan-arahan kepada warga masyarakat tentang pentingnya memelihara lingkungan sekitar agar selalu bersih.(*)

No Comment

1
No Comments

Post a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.