Blog

Antisipasi Tanggul Jebol, Sektor 19 Tanami Bantaran Sungai Citarum di Karaba

KARAWANG-Sektor 19 Satuan Tugas Citarum Harum melakukan penanaman pohon di bantaran Sungai Citarum di Kampung Karaba, Desa Wadas, Kecamatan Teluk Jambe Timur, Kabupaten Karawang, Rabu (14/4/2021). Ratusan bibit pohon aneka macam buah-buahan ditanam di bantaran Sungai agar dapat dimanfaatkan warga sekitar.

Adapun jenis pohon yang ditanam. Di antaranya pohon mangga, pohon bambu, serta beberapa jenis pohon lainnya seperti, pohon mahoni, pohon albasiah, pohon salam, dan pohon kecapi.

Komandan Sektor 19 Kolonel Chb Widodo mengatakan, saat itu pihaknya hanya menamam di sepanjang 300 meter bantaran Sungai. Sementara target mereka dapat menamam di sepanjang 700 meter bantaran Sungai di sana.

“Penanaman ini akan kami lakukan secara bertahap bersama warga. Ditargetkan akhir bulan puasa ini 500 pohon bisa tertanam di sepanjang 700 meter areal bantaran Sungai di Kampung Karaba ini,” ujar Widodo.

Menurut Widodo, penanaman pohon dilakukan guna mengantisipasi jebolnya tanggul Sungai juga. Dengan adanya tanaman keras setidaknya bisa mengikat tanah.

“Kami juga terus menyadarkan masyarakat untuk sama-sama menjaga kelestarian Sungai dan kebersihannya. Penanaman pohon ini juga adalah salah satu upaya dalam melestarikan Sungai Citarum, karena jika tidak ditanami pepohonan, khawatir tanggul lama – lama akan tergerus dan kemudian jebol,”ujar dia.

Dia menambahkan, Sungai Citarum harus dijaga kelestariannya karena akan menjadi warisan untuk generasi mendatang. (*)

No Comment

2
No Comments

Post a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.