Blog

Antisipasi Tingginya Debit Air, Sektor 4 Normalisasi Sungai Cisunggala  

KABUPATEN BANDUNG – Satuan Tugas Citarum Harum Sektor 4 menormalisasi Sungai Cisunggala di Kampung Kadatuan RT 03/RW 02 Desa Bojong, Kecamatan Majalaya, Kabupaten Bandung, Senin (31/10/2022). Dengan menggunakan alat berat personel Sektor 4 Subsektor 4 mengeruk sedimentasi di sepanjang 20 meter sungai dengan lebar 4 meter. Pengerukan menghasilkan 40 m3 sedimen.

Dansektor 4 Citarum Harum Kolonel Inf Mulyono H S mengatakan, pengerukan dilakukan untuk mengantisipasi dampak tingginya curah hujan.

“Hasil peninjauan di wilayah Desa Bojong, kegiatan pengerukan sedimentasi masih terus dilakukan, karena merupakan bagian dari upaya untuk antisipasi terjadinya banjir,” ujar Dansektor 4 pada media.

Selain itu, Satgas Citarum Harum Sektor 4 bersama warga setempat selalu bergotong royong membersihkan anak-anak sungai dan parit-parit dari sampah yang dapat menghambat laju air.

“Direncanakan bantaran Sungai Citarum yang berada di Desa Bojong akan ditinggikan sehingga apabila debit air Sungai Citarum naik tidak membawa dampak banjir di wilayah tersebut,” ujarnya.

Sementara itu, Dansub 4 Sektor 4 Citarum Harum, Serma Andri menambahkan, dengan pengerukan berharap, upaya ini dapat mengurangi kemungkinan banjir yang ada di wilayah ini.

“Semoga dengan di keruknya sedimentasi sungai ini, selain untuk memperlancar aliran sungai, dapat juga meminimalisir luapan air di wilayah ini,” katanya.(*)

No Comment

0
No Comments

Post a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.