Blog

BBWS Citarum Fokus Penanganan Banjir di Hilir Citarum

KOTA BANDUNG – Selain penanganan di Hulu Citarum, Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Citarum pun fokus menangani permasalahan di hilir Citarum kedepannya. Tak dipungkiri kawasan Karawang maupun Bekasi kerap menjadi langganan banjir luapan Citarum.

Kepala BBWS Citarum, Bastari mengakui, yang menjadi pekerjaan rumah BBWS Citarum kali ini yaitu penanganan hilir Citarum. Di sisi lain saat ini penanganan Hulu Citarum terus digenjot pelaksanaannya. Sementara untuk kawasan tengah Citarum relatif terkendali dengan hadirnya tiga bendungan yaitu Saguling, Cirata dan Jatiluhur.

“Yang memang menjadi pekerjaan rumah kita itu di hilir. Sebetulnya ini berkaitan dengan debit besar itu berasal dari Cibeet. Dari citarum hulu sebetulnya sudah ditahan 3 waduk, tapi yang besar itu dari Cibeet 900 meter kubik per detik. Dari cikao normal lah, 200 meter kubik per detik,”ujar dia, Selasa (23/11/2021).

Untuk atasi banjir di hilir Citarum, kata Bastari, pihaknya siapkan pembangunan Bendungan Cijuray yang akan menahan air dari DAS Cibeet.

“Insya Allah doakan tahun ini atau tahun depan bisa mulai pekerjaannya,”ucapnya. Harapannya tahun 2025 itu bisa selesai.

Selain pembangunan bendungan, kata Bastari, pihaknya pun perlu melakukan normalisasi sungai dan juga perbaikan tanggul-tanggul lama yang kondisinya sudah retak.

“Satu lagi, yang hilir itu perlu dinormalisasi karena tanggul-tanggul lama ini sudah banyak retak, banyak longsor, banyak erosi. Nah ini yang menjadi pekerjaan rumah ke depan kita menormalisasi Citarum hilir,” ucapnya. (*)

No Comment

1
No Comments

Post a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.