Blog

BBWS Citarum Gelar Apel Siaga Bencana Banjir

KOTA BANDUNG-Menjelang datangnya musim penghujan di penghujung tahun 2021, Balai Besar Wilayah Sungai Citarum melaksanakan Apel Siaga Bencana Banjir pada Rabu (29/9/2021).

Apel diikuti oleh Tim Satuan Tugas (Satgas) Bencana BBWS Citarum yang terdiri dari Tim Satgas Wilayah, Sekretariat Posko Bencana, Petugas OP, Operator Pompa dan Alat Berat, serta Tim Tanggap Darurat Bencana. Apel dipimpin oleh Komandan Satgas Bencana sekaligus Kepala Bidang Operasi dan Pemeliharaan Joko Ahmad Salim. Bertindak sebagai inspektur apel Kepala BBWS Citarum Ir. Bastari, M.Eng.

Dikutiip dari akun instagram resmi BBWS Citarum, bencana banjir masih membayangi beberapa wilayah di Indonesia, salah satunya daerah rawan banjir di Wilayah Sungai Citarum.

Pembangunan infrastruktur sebagai upaya untuk mereduksi banjir pun terus dilakukan, meski begitu kewaspadaan terhadap bencana banjir tetap harus dijaga.

Dalam arahan Kepala BBWS Citarum, Bastari menyampaikan bahwa Tim Satgas yang telah dibentuk harus selalu waspada dan siap dalam menghadapi kemungkinan terjadinya bencana. Hal itu, bukan hanya dalam kondisi darurat tetapi mulai dari pra bencana hingga pasca bencana pun semua harus disiapkan dengan baik.

Adapun peralatan pendukung siaga bencana banjir yang sudah disiapkan meliputi 10 unit Excavator, 6.537 kawat bronjong, 3.044 buah Geo bag, 700 buah Jumbo bag, 360 buah sand bag, 25 dolken, 40 buah pompa portable, 6 unit Truck, 3 buah perahu karet dan masih banyak lagi peralatan yang telah disiapkan sebagai bentuk antisipasi bencana di tahun 2021 ini.(*) 

No Comment

0
No Comments

Post a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.