Blog

BBWS Citarum Lakukan Monev ke 23 Sektor

BANDUNG-Balai Besar Wilayah Sungai Citarum (BBWS Citarum) melakukan monitoring dan evaluasi (Monev) terhadap 23 sektor Satuan Tugas Citarum Harum secara bertahap. Monev dilakukan guna menyamakan aksi di lapangan sesuai dengan rencana aksi yang telah disepakati bersama.

PPK Tatalaksana Satker BBWS Citarum, R Yayat Yuliana menuturkan, pihaknya sudah turun ke lapangan sejak awal Juli lalu. Setidaknya separuh dari 23 sektor Satgas Citarum Harum telah dikunjungi BBWS Citarum.

“Untuk program Citarum Harum kami turun ke lapangan dalam rangka monitoring dan evaluasi sampai sejauh mana kegiatan Citarum Harum sudah sesuai dengan apa yang kita rencanakan di awal. Selain itu dengan adanya pergantian beberapa dansektor, kita juga samakan persepsi,”ujar Yayat di kantornya, Kamis (29/7/2021).

Diakui Yayat, sektor-sektor yang mereka lakukan monev tetap memiliki semangat yang tinggi berbuat demi lingkungan. Semangat tersebut BBWS sinergikan dengan Renaksi Citarum Harum.

“Kami turun untuk menjelaskan Renaksi sekaligus memberikan bimbingan teknik terkait penggunaan alat berat di setiap sektor. Alat berat itu difasilitasi oleh kami BBWS Citarum,”ujar Yayat.

“Kami berikan rekomendasi teknis bagaimana cara mengeruk dengan menata hasil galian di sempadan dan di disposal area dengan benar sehingga tidak mengganggu alur sungai,”kata Yayat melanjutkan.

Selanjutnya, kata Yayat, BBWS pun memberikan arahan terkait pengelolaan sampah, pemanfaatan sempadan sungai dengan batas-batas yang benar.

“Jangan sampai ketika menertibkan justru mereka membangun dengan salah. Misalnya sektor yang lain menertibkan bangunan liar, tapi di lain pihak ada sektor yang membangun yang salah di bantaran,”ucapnya.

Berdasarkan aturan, tambah Yayaat, sempadan sungai boleh saja ada bangunan. Salah satunya adalah pos pantau, kemudian penghijauan dengan batas-batas misalnya jarak tanam pohon tersebut jangan sampai mengganggu struktur tanah di bantaran.

“Dan ternyata mereka sebagian besar sudah mengetahui dan antusias dan responsif sekali Alhamdulillah,”ucanya melanjutkan.

Selain itu, tambah Yayat dalam rangka situasi Covid-19 personel Sektor tidak mengurangi pasukan.

“Saya lihat di lapangan para Dansektor semua komplit Alhamdulillah dan para Subdansektornya juga, para prajurit juga tetap bertugas. Saya bilang ini kan target 7 tahun harus tercapai sehingga kami lakukan monev terus-terusan,”ucapnya.(*)

No Comment

0
No Comments

Post a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.