Blog

BBWS Citarum Mulai Bangun Tanggul Permanen di Pebayuran

KOTA BANDUNG – Balai Besar Wilayah Sungai Citarum (BBWS Citarum) mulai mengerjakan perbaikan tanggul Sungai Citarum di Pebayuran, Kabupaten Bekasi.

Dikutip dari akun instagram resmi BBWS Citarum, pada Selasa, 16 November 2021 di kantor Balai Besar Wilayah Sungai Citarum, Kota Bandung Jawa Barat telah dilakukan penandatanganan kontrak dua paket pekerjaan SNVT Pelaksanaan Jaringan Sumber Air BBWS Citarum yakni, Konstruksi Pekerjaan Tanggul Permanen Sungai Citarum Hilir dan Supervisi Pekerjaan Tanggul Permanen Sungai Citarum Hilir, Desa Sumber Urip, Kecamatan Pebayuran, Kabupaten Bekasi.

Penandatangan kontrak dilakukan oleh Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Sungai dan Pantai III Tatang Heryanto, dengan penyedia jasa.

Tujuan pembangunan tanggul permanen agar terlindunginya wilayah Kecamatan Pebayuran, Kabupaten Bekasi dari banjir serta mengurangi kerugian dan kerusakan yang lebih besar, baik yang bersifat fisik maupun non fisik.

Penandatanganan ini disaksikan oleh Kepala BBWS Citarum Bastari, dan Kepala SNVT PJSA BBWS Citarum Angga Prawirakusuma.

Sebelumnya, BBWS Citarum bersama Camat Pebayuran Hanif dan Satuan Tugas Citarum Harum Sektor 20, meninjau tanggul kritis di Kampung Sayuran RT 05/03 Kelurahan Kertasari Kecamatan Pebayuran, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Sabtu (6/11/2021).

Peninjauan dilakukan sebagai persiapan perbaikan tanggap darurat BBWS Citarum dengan menggunakan geo bag dan pemasangan dolken untuk membuat tanggul lebih kuat dan mengurangi kekhawatiran masyarakat.

Perwakilan BBWS Citarum, Doni mengakui di Kabupaten Bekasi dan Karawang kurang lebih terdapat 55 titik tanggul kritis yang harus segera diperbaiki. Namun untuk saat ini, berdasarkan survei pengecekan dan penilaian di lapangan ada 18 titik tanggul krisis yang harus segera ditangani yaitu 14 titik di wilayah Kabupaten Bekasi dan 4 titik di wilayah Kabupaten Karawang.

“Dalam menyikapi banyaknya tanggul kritis di sepanjang sungai Citarum. Dan untuk menghilangkan kekhawatiran warga masyarakat tentunya. Dan hari ini, kita turunkan material 500 Geo Bag di Kecamatan Pebayuran dan akan di susul dengan material Dolken dan 1 alat berat Excavator, bila semua sudah ready kita lakukan aksi, perbaikan secepat mungkin,”ujar Doni pada wartawan.

Sementara untuk tanggul yang jebol di Kampung. Babakan Banten Desa Sumberurip, sudah melawati masa lelang dan tinggal menunggu waktu sanggah, kurang lebih satu minggu atau dua minggu lamanya. Dan mudah – mudahan tidak ada halangan bisa dapet segera di lakukan perbaikan permanen di bulan ini,

Sementara, di tempat yang sama Camat Pebayuran Hanif S mengatakan, untuk Kecamatan Pebayuran terdapat dua titik lokasi yang akan diperbaiki yaitu di Kampung Kedunglotong Desa Bantarjaya, dan di Kampunf Sayuran Kelurahan Kertasari.

“Saya harap, untuk warga masyarakat Pebayuran agar untuk bersabar, karena semua butuh waktu dan proses,”ujarnya.

Dansektor 20 Citarum Harum Kolenel Inf Budijanto melalui Bamin Sektor 20 Citarum Harum Serma Tholib, mengatakan, personel Satuan Tugas Citarum Harum selalu siap dalam melakukan pendampingan dan pengamanan pelaksanaan kegiatan perbaikan tanggul agar semuanya berjalan lancar aman dan kondusif.(*)

No Comment

0
No Comments

Post a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.