Blog

BBWS Citarum Pastikan Areal dan Durasi Genangan di Hulu Citarum Berkurang

KOTA BANDUNG – Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Citarum memastikan luas dan waktu genangan di kawasan hulu Citarum Kabupaten Bandung seperti kawasan Dayeuhkolot dan Baleendah semakin berkurang. Seperti halnya yang diungkapkan Komandan Satuan Tugas Citarum Harum Ridwan Kamil saat kunjungan ke Floodway Cisangkuy awal pekan kemarin, di mana luas genangan yang mencapai 370 hektare tersisa 70an hektare.

Kepala BBWS Citarum, Bastari menuturkan, berkurangnya genangan tersebut berdasarkan hasil simulasi dari Puslitbang Air.

“Itu simulasinya kondisi sebelum ada infrastruktur kita, terowongan Nanjung, floodway Cisangkuy, kolam retensi Cieunteung itu segitu (370 ha). Setelah ada, disimulasi lagi ternyata berkurang,”ujar Bastari usai Apel Kesiapsiagaan di Jalan Diponegoro, Selasa (23/11/2021).

Selain itu, lanjut dia, hal itu pun dikonfirmasi dari yang ada di lapangan. Area-area yang tadinya banjir, sekarang tidak banjir lagi.

“Kemarin Pak Gubernur wawancara dengan masyarakat juga sudah mengatakan demikian. Jadi berkurang dari sisi luasan, dan dampaknya pertama luasan, kedua lama genangan,” ucapnya.

“Jadi dengan adanya Terowongan Nanjung itu ‘kan memotong ambang alam yang 5 meter tingginya, lewat sana, sekarang lewat Terowongan Nanjung. Air lebih lancar mengalir ke hilir, ke Bendungan Saguling,” ujar Bastari melanjutkan.

Selain itu juga, kata Bastari, pernyataan Bupati Bandung juga, di mana saat ini durasi genangan hanya itungan beberapa jam saja.

“Yang tadinya bulan-bulanan. Sekarang 4-5 jam langsung surut,” ujar Bastari. (*)

No Comment

0
No Comments

Post a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.