Blog

BBWS Citarum Tindaklanjuti Rehabilitasi Perbaikan Saluran Induk Cisokan  

KABUPATEN CIANJUR – Balai Besar Wilayah Sungai Citarum (BBWS Citarum) telah menindaklanjuti surat permohonan Dinas Sumber Daya Air Provinsi Jawa Barat perihal Rehabilitasi Perbaikan Saluran Induk Cisokan D.I Cihea Kabupaten Cianjur akibat terjadinya bencana alam longsor, Minggu (4/9/2022)

Dikutip dari akun instagram resmi BBWS Citarum, Kepala BBWS Citarum Ir. Bastari, M.Eng., telah meninjau lokasi didampingi Kepala Bidang KPISDA, Kepala SNVT PJPA serta PPK OPSDA Il Citarum. Mereka melakukan tinjauan lapangan bersama PPK Tugas Pembantuan Operasi dan Pemeliharaan (TPOP) Dinas SDA Provinsi Jawa Barat beserta tim.

Berdasarkan hasil tinjauan lapangan, pada titik longsor tebing Sungai Cisokan di atasnya terdapat daerah sempadan Saluran Induk Cisokan Daerah Irigasi Cihea Kabupaten Cianjur yang berlokasi di Desa Sukarama, Kecamatan Bojongpicung Kabupaten Cianjur.

Diinformasikan dimensi longsoran tebing sepanjang 20 m dengan ketinggian 36 m.

Dampak longsoran tersebut dapat mengakibatkan terputusnya saluran yang berada di atasnya sehingga berpotensi dapat menyebabkan terjadinya gagal panen pada areal sawah Seluas 5.484 Ha.

Adapun hasil tinjauan lokasi tersebut akan menjadi pembahasan penanganan yang akan dilakukan kedepan melalui kolaborasi TPOP dan BBWS Citarum. Untuk penanganan pengamanan tebing sementara segera dilaksanakan dengan konstruksi bronjong dan geobag. (*)

No Comment

0
No Comments

Post a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.