Blog

BBWS Tinjau Bendungan Situ Lembang

KABUPATEN BANDUNG BARAT – Kepala Balai Besar Wilayah Sungai Citarum Bastari, didampingi Kepala Bidang PJSA dan tim melakukan monitoring pekerjaan rehabilitasi Bendungan Situ Lembang, Rabu (1/6/2022).

Dikutip dari akun instagram resmi BBWS, rehabilitasi bendungan tua yang terletak di Cisarua, Bandung Barat tersebut meliputi perbaikan tubuh bendungan, pengerukan sedimen, perbaikan bangunan pelimpah dan intake, serta pembangunan fasilitas dan sarana pendukungnya.

Monitoring dilakukan untuk memastikan pekerjaan berjalan dengan baik dari segi quantity maupun quality, dalam diskusi Kepala BBWS Citarum menyampaikan arahan-arahan terkait pelaksanaan pekerjaan termasuk masukan untuk menghadapi kendala pekerjaan.

Bendungan Situ Lembang memiliki luas tampungan sebesar 54,97 Ha dengan volume sebesar 2,014 x 106 m3 yang mensuplai air baku sebesar 200 liter/detik, dan merupakan daerah konservasi DAS Situ Lembang serta mereduksi terjadinya banjir.

Dilansir Wikipedia, Situ Lembang adalah sebuah danau yang terletak di Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat. Danau yang terletak ini berada di ketinggian 1574 m, dan memiliki luas sebesar 0,40 km2.

Situ Lembang adalah danau yang dikelilingi pegunungan yang terletak di ketinggian dan dibagun oleh Belanda abad ke-20 tepatnya pada tahun 1912. Situ atau danau ini sendiri merupakan kaldera yang dihasilkan dari letusan Gunung Sunda 2-3 juta tahun yang lalu. Terletak di antara Gunung Burangrang, Gunung Tangkuban Perahu dan Gunung Sunda. (*)

No Comment

0
No Comments

Post a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.