Blog

Beraktivitas di Rumah Selama Pandemi, Kebersihan Rumah Harus Dijaga

Pandemi yang saat ini masih berlangsung, membuat masyarakat menghabiskan banyak waktu di rumah saja. Dimulai bekerja, bersantai, dan aktivitas-aktivitas yang lainnya, semuanya sebisa mungkin dilakukan di dalam rumah.

Selama di rumah, kebersihan rumah menjadi penting karena akan menentukan kesehatan kedepannya. Dikutip dari berbagai sumber, agar kesehatan terjaga, di antaranya diperlukan asupan nutrisi, pola tidur yang sehat, termasuk menjaga kebersihan agar tidak terkena bakteri yang menimbulkan penyakit.

Berikut catatan agar rumah senantiasa bersih dan terhindar dari bakteri yang menimbulkan penyakit:

1. Merapikan kamar tidur
Tips yang pertama yaitu rapikanlah selalu tempat tidurmu, walaupun beberapa saat kemudian kamu akan menempati tempat tidurmu lagi. Tidak ada alasan untuk membiarkan tempat tidurmu tidak rapi berlama-lama. Usahakan, sprei yang kamu gunakan, diganti setiap dua minggu sekali.

2. Menyapu dan mengepel lantai
Tips yang kedua yaitu selalu menyapu dan mengepel lantai. Hal ini mesti kita lakukan supaya terbebas dari debu dalam ruangan. Lebih baik lagi, saat mengepel ditambahkan cairan desinfektan supaya dapat membunuh kuman yang terdapat di lantai ruangan.

3. Membersihkan barang-barang di rumah
Tips yang ketiga yaitu dengan senantiasa membersihkan barang-barang atau perabotan yang ada di rumah. Kita dapat membersihkan barang-barang perabotan yang ada di rumah dengan cairan alkohol dan atau desinfektan.

4. Mencuci pakaian setiap hari
Tips selanjutnya, tak jarang dari kita membiarkan pakaian ditumpuk terlebih dahulu beberapa hari dan baru kemudian dibersihkan. Hal ini sebenarnya dapat saja dilakukan, namun lebih baik cucilah pakaian setiap hari. Hal ini dilakukan guna menghindari kuman yang terdapat dalam pakaian kotor yang telah dikenakan. Lebih lama dibiarkan, maka kuman akan lebih lama ada dalam pakaian.

5. Membersihkan dapur
Tips terakhir yaitu senantiasa membersihkan dapur setiap setelah digunakan. Dapur merupakan tempat yang biasa digunakan untuk mengolah makanan dan atau asupan sehari-hari. Karenanya, bersihkanlah selalu dapur selepas digunakan. Dan buang sampah pada tempatnya.

Ada baiknya, saat mengolah makanan ketika di dapur pun, melakukannya setelah mandi supaya terhindar dari bakteri. (a)

No Comment

2
No Comments

Post a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.