Blog

Bermain sambil mengedukasi anak di sekitar DAS Citarum

Program Citarum Harum selalu terus-menerus disosialisasikan kepada warga masyarakat agar mereka mengetahui, memahami dan melakukan apa yang menjadi tanggung jawab bersama menciptakan Sungai Citarum menjadi bersih dari sampah, tidak membuang limbah dan menghijaukan kembali bantaran Sungai Citarum.

Beralihnya fungsi bantaran Sungai Citarum yang dulunya tempat pembuangan sampah menjadi taman tematik, sarana olah raga dan sebagai tempat area publik, menjadi perhatian banyak pihak. Bukan hanya dari warga sekitar, tapi juga dari kalangan akademisi, penggiat lingkungan, sampai pelajar.

Salah satu yang mendapat perhatian adalah taman tematik yang berada di Kampung Cikambuy Hilir Desa Sangkanhurip Kecamatan Katapang Kabupaten Bandung, yakni Taman Edukasi yang sampai saat ini menjadi taman edukasi bagi pelajar.

Sub Sangkanhurip Sektor 7 Satgas Citarum yang dikomandoi oleh Serka Dadan Sunandar menuturkan, pihaknya bangga karena Taman Edukasi yang berada di wilayahnya sering dijadikan tempat untuk belajar, tempat bermain, olahraga senam dan olahraga futsal bagi anak-anak.

“Di Taman Edukasi ini juga disediakan perpustakaaan mini bagi anak-anak yang senang membaca,” katanya dalam keterangan tertulis Satgas Citarum Sektor 7, Sabtu (12/6/2021).

Serma Dadan Sunandar bersama anggota Sub Sektor terlihat sangat dekat dengan anak-anak, terkadang memberikan pengenalan tentang cinta lingkungan mulai dari membersihan lingkungan sampai membuang sampah pada tempatnya.

“Tak ketinggalan juga Program Citarum Harum dikenalkan kepada anak-anak,” kata dia.

Bersama anak-anak sekitaran DAS terlihat bahwa begitu akrab bersama-sama membersihkan Taman Edukasi dan membuang sampah-sampah pada tempat yang sudah disediakan.

Komandan Sektor 7 Kolonel Infanteri Jefson Marisano mengatakan, dengan beralihnya bantaran Sungai Citarum ini menjadi taman, maka sangat baik bagi anak-anak dalam belajar diluar sekolah.

Adapun tujuannya belajar diluar ruang sekolah yakni untuk membangun mental anak didik agar mempunyai rasa nasionalisme, cinta tanah air dan berwawasan lingkungan.

“Dengan dikenalkan program Citarum Harum dari anak-anak maka semoga saja Sungai Citarum akan tetap terjaga oleh generasi selanjutnya,”tutur dia. (*)

No Comment

1
No Comments

Post a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.