Blog

Bertemu Pelaku Usaha Pencucian, Dansektor 21 Minta Mereka Kelola Limbah

CIMAHI – Komandan Sektor 21 Satuan Tugas Citarum Harum Kolonel Arh Wahyu Jiantono mengundang delapan perwakilan pemilik usaha pencucian di wilayah Kutawaringin guna membahas penanganan limbah dan membangun kesadaran pelaku usaha memiliki Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) di Posko Sektor 21, Selasa (12/4/2022). Dari delapan pelaku usaha sebagian sudah memiliki IPAL namun belum maksimal.

Menurut Kolonel Arh Wahyu Jiantono, meskipun pelaku usaha tersebut termasuk UMKM, tapi limbah itu tidak melihat kecil atau besarnya perusahaan. Perusahaan tetap harus mengolah limbah sesuai ketentuan untuk menjaga kelestarian lingkungan.

“Jika perusahaan besar sudah melaksanakan proses dengan baik diolah dengan baik sesuai baku mutu sedangkan yang kecil ini seolah dibiarkan, kapan akan selesai kalau semuanya tebang pilih,” ucapnya pada media.

“Kalau saya jujur saja tidak tebang pilih, semua harus tersentuh meskipun kondisinya berbeda dengan perusahaan besar. Yang penting ada itikad baik, nanti kita akan cek kembali. Intinya berinovasi sedikit-sedikit meskipun alat yang tidak mahal tapi efektif dan efisien,” katanya melanjutkan.

Dari hasil pertemuan tersebut, Wahyu mengaku para pelaku usaha sepakat untuk mengelola limbahnya sebelum dibuang ke sungai.(*)

No Comment

0
No Comments

Post a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.