Blog

Bijak Kelola Sampah Masker

Baru-baru ini Presiden Indonesia Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan himbauan kepada masyarakat untuk kembali menggunakan masker di dalam maupun di luar ruangan setelah aturan dilonggarkannya menggunakan masker, hal ini disampaikan Jokowi lantaran kasus covid-19 di Indonesia masih terus melonjak.

Dikutip dari website resmi kemkes.go.id kasus terkonfirmasi covid-19 pada hari Kamis, 14 Juli 2022 terakumulasi sebanyak 6.123.753 kasus positif Covid-19. Hal ini menjadi kekhawatiran bagi masyarakat terlebih pandemi covid-19 sudah merengut banyak korban jiwa, sehingga mereka harus membentengi diri dari paparan Covid-19 dengan cara menggunakan masker.

Penggunaan masker sekali pakai adalah langkah dalam mengikuti himbauan dari pemerintah, banyak masyarakat Indonesia memilih menggunakan masker sekali pakai lantaran masker ini dirasa mempunyai nilai praktis yang tinggi sehingga tak heran banyak para produsen yang memanfaatkan kesempatan ini untuk menghasilkan keuntungan.

Lalu apakah masker sekali pakai ramah Lingkungan?. Dilansir dari antaranews.com kini para produsen masker mampu membuat masker ramah lingkungan yang mudah terurai dengan sendirinya di alam, hal ini menjadi solusi dari problematika limbah alat medis.

Tentunya hal itu berguna bagi Indonesia dan berbagai negara lainnya yang memiliki limbah mesdis termasuk masker yang cukup melonjak selama pandemi.

Masih dari antaranews.com dalam keterangan tertulis Direktur Teknis & Business Development JITO Mara Osca Herdiana menjelaskan, pada umumnya masker butuh waktu hingga 30 tahun untuk bisa terurai di alam. “Namun masker produsen kami bisa terurai jauh lebih cepat, sehingga bisa dipastikan ramah lingkungan,” ucapnya.

Keterangan tertulis Herdiana menjadi berita yang baik bagi masyarakat Indonesia, terlebih bagi mereka yang ingin menggunakan masker sekali pakai namun takut akan merusak lingkungan.

Sehingga dalam hal ini masyarakat kini sudah disuguhkan dengan masker yang ramah lingkungan. Mereka dapat dengan mudah menggunakan masker tersebut tanpa perlu khawatir dapat merusak lingkungan.

Namun masyarakat pun jangan terlena dengan hal ini, karena apabila tidak dikelola dengan baik lagi dan lagi masker akan menjadi sampah yang akan menjadi sumber penyakit meskipun ramah lingkungan.(H)

No Comment

0
No Comments

Post a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.