Blog

Cegah Abrasi, Sektor 11 Bangun Tanggul

CIANJUR – Satuan Tugas Citarum Harum Sektor 11 mengeruk sedimen Sungai Citarum dan membangun tanggul di Kampung Kajar-kajar Desa Kertasari Kecamatan Haurwangi Kabupaten Cianjur, Rabu (18/5/2022).  Pengerukan sedimen dan pembangunan tanggul tersebut dibantu oleh alat berat (Excavator) Short Alrm milik PT. AUM.

Pengawas pekerja alat berat, Sertu Asep SP mengatakan, pengerukan dan pembangunan tanggul atas petunjuk Dansektor 11 Citarum Harum Kolonel Inf Chandra Wirawan untuk mencegah terjadinya abrasi di pinggiran sungai, melancarkan saluran debit air, meratakan dan membuat terasering Daerah Aliran Sungai (DAS) Citarum.

“Nantinya kawasan tersebut bisa ditanami palawija, buah – buahan atau juga menjadi tempat wisata alam,”ujarnya pada media.

Karena pengerjaan tanggul dan pengerukan Sedimentasi merupakan Program kerja Sektor 11 Citarum Harum, maka pemeliharaan dan pengawasannya juga menjadi tanggung jawab pihak Sektor 11.

“Selain itu, dengan bekerjasama dengan pemerintah Desa Kertasari dan seluruh masyarakat desa setempat,”ucapnya.

Asep menambahkan, pihaknya menghimbau pada seluruh warga Kecamatan Haurwangi, untuk saling jaga kelestarian alam dan jauhkan dari kebisaan membuang sampah sembarangan.

“Apa lagi membuang sampah pada saluran irigasi, kali dan sungai, itu sangat membahayakan semua pihak,”tuturnya.(*)

No Comment

0
No Comments

Post a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.