Blog

Cegah Banjir, Sungai Cikapundung Dibersihkan

KOTA BANDUNG-Cegah potensi banjir, Satgas Citarum Harum Sektor 22 Sub 04 membersihkan Sungai Cikapundung di RW. 04 Kelurahan Cijagra Kecamatan Lengkong, Kota Bandung, Senin (18/10/2021). Sektor 22 membersihkan anak Sungai Citarum itu hingga 100 meter sepanjang sungai dengan total sampah yang terangkat sebanyak 210 kg.

Giat yang dikomando oleh Dansub 04, Sertu Agus Tardiman ini membersihkan sampah yang terbawa oleh arus air yang terdampak oleh curah hujan yang deras yang mengotori Sungai Cikapundung.

Menurut Agus, sampah-sampah tersebut sudah biasa ada jika hujan deras turun, terbawa karena arus sungai yang deras usai diguyur hujan semalaman.

“Di tahun kemaren jika hujan deras di Kota Bandung biasanya mudah terjadi banjir, mudah mudahan dengan masifnya pemeliharaan sungai oleh kita dari satgas Sektor 22 bisa menghentikan bencana benjir tersebut,”kata Agus.

Satgas Citarum Harum Sektor 22 pada pemeliharaan sungai selain mengangkat sampah domestik juga memerbaiki Daerah Aliran Sungai termasuk rumput liar yang mengotori bantaran dan kirmir sungai.

Agus menuturkan, untuk menghindari bencana di musim hujan satgas meningkatkan pemeliharaan sungai yang disertai dengan patroli sungai. Hal ini bahkan dijadikan program setiap hari oleh satgas sektor 22.

“Yaitu selain survei perkembangan progres, juga sebagai penyelia di pantauan bahaya banjir. Maka kita bisa menentukan sikap urgenitas yang akan didahulukan pada eksekusi pemeliharaannya,” ujar Agus.

Satgas Citarum Harum Sektor 22 selalu waspada dan antisipatif di semua kejadian yang berhubungan dengan sungai, terutama bertindak sebagai mitigasi penyelamatan sungai.

Agus berharap, musim hujan di tahun ini tidak terjadi bencana yang mengerikan seperti sebelumnya.(*)

No Comment

0
No Comments

Post a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.