Blog

Cegah Longsor, 200 Vetiver Ditanam di Sektor 7

KAB.BANDUNG-Hujan mulai intens, Sektor 7 Satgas Citarum Sub 03 melakukan penanaman vetiver guna mengantisipasi musim penghujan agar bantaran Sungai Citarum tidak longsor tergerus aliran air sungai. Adapun bibit vetiver yang ditanam sebanyak 200 bibit tanaman.

Tanaman Vetiver merupakan sejenis rumput dari India, termasuk dalam famili Poaceae dan sekeluarga dengan sereh atau padi. Sekalipun berjenis rumput, vetiver memiliki akar yang menghujam hingga kedalaman 2 – 2,5 meter. Bahkan, kalau tiga tahun akarnya bisa sampai 3 meter.

Selain itu, Sektor 7 telah mengatasi sampah-sampah yang menumpuk, memberikan edukasi dan sosialisasi agar tidak membuang sampah di sungai atau membuang sampah pada tempatnya. Termasuk menanam Vetiver untuk mengkokohkan pinggiran bantaran Sungai Citarum agar tidak longsor atau tergerus aliran air sungai pun dilakukan.

Dansektor 7 Kolonel Inf Jefson Marisano menuturkan, bahwa menanam Vetiver atau yang biasa disebut akar wangi adalah mencegah agar tanah tidak terjadi longsor.

“Namun kali ini penanaman Vetiver dilakukan karena lahan penanamannya baru beres ditata bantarannya oleh alat berat (Excavator) yakni di bantaran Sungai Citarum wilayah Sub Sektor Cangkuang Desa Cangkuang Wetan Kecamatan Dayeuhkolot Kabupaten Bandung,”katanya, Rabu (6/10/2021).

Terlihat di lapangan Dansub Cangkuang Serma Ayi Daud bersama anggota dan para Relawan Citarum melaksanakan kegiatan penanaman Vetiver di bantaran Sungai Citarum.

Menurut Ayi, dengan menanam Vetiver di sepanjang bantaran Sungai Citarum agar tidak longsor serta mengurangi adanya sedimentasi. Adapun bibit Vetiver yang di dapat dari tanaman Vetiver yang sudah ada tertanam sebelumnya.

“Dari bibit Vetiver itulah yang diambil dengan akar-akarnya kurang lebih sejumlah 200 bibit Vetiver kemudian ditanam lagi disepanjang bantaran Sungai Citarum,”tuturnya.(*)

No Comment

0
No Comments

Post a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.