Blog

Dampak Serius Minyak Jelantah Bagi Lingkungan dan Kesehatan

Minyak goreng merupakan salah satu bahan yang tidak asing dijumpai setiap harinya. Hampir setiap orang menggunakan minyak goreng untuk memasak.

Sayangnya, belum banyak yang menyadari bahwa membuang minyak goreng bekas atau biasa disebut minyak jelantah dengan sembarangan memiliki dampak yang serius bagi lingkungan serta kesehatan.

Minyak jelantah termasuk kedalam salah satu limbah B3 yang dihasilkan rumah tangga.

Apasih limbah B3 itu? Limbah B3 merupakan limbah yang di dalam konsentrasinya terdapat kandungan zat-zat berbaya yang dapat merusak lingkungan serta mengganggu kesehatan baik secara langsung maupun tidak langsung.

Dilansir dari wartaekonomi.co.id dalam publikasi Indonesia Oilseeds and Products Annual 2019 diketahui bahwa konsumsi minyak goreng rumah tangga di Indonesia mencapai 13 juta ton. Data United States Department of Agriculture atau USDA menunjukkan, negara yang mengonsumsi minyak goreng paling banyak pada 2019 berturut-turut adalah Indonesia, India, China, dan Malaysia.

Kurangnya edukasi kepada masyarakat mengenai bahayanya minyak jelantah juga membuat masyarakat masih suka mengkonsumsi serta membuang minyak jelantah kemana saja.

Dikutip dari merdeka.com terdapat 6 bahaya minyak jelantah jika dikonsumsi dan dibuang sembarangan diantaranya bisa menimbulkan berbagai penyakit seperti kolestrol yang tinggi, jantung, kanker dan untuk lingkungan dapat menyebabkan penyumbatan drainase, pencemaran air serta pencemaran tanah.

Sementara pada waste4change.com bahwa Pemkot Bekasi melakukan upaya untuk mengurangi pembuangan minyak jelantah ke lingkungan. Masyarakat yang mengumpulkan minyak jelantah dengan jerigen penuh akan mendapatkan insentif. Pengumpulan minyak jelantah tersebut dapat dilakukan ke bank sampah untuk diolah lebih lanjut. Adanya bank sampah dapat membantu perekonomian masyarakat sekaligus membantu melestarikan lingkungan.

Tidak hanya di Bekasi, Kota Bandung juga memiliki bank sampah yang menampung limbah minyak jelantah seperti di Bank Sampah Resik PD Kebersihan Jalan Babakan Sari 1 No. 64, Babakan Sari, Kecamatan Kiaracondong Kota Bandung. Ayo kita mulai lestarikan lingkungan sekitar.(sals)

1 Comment

5
1Comment
  • sahat p gultom

    Kami dari Micfil Indonesia, distributor Fine Filter untuk minyak jelantah. Teknologi filter ini dapat menyaring minyak jelantah menjadi minyak yg lebih jernih dan bisa di pakai kembali, hal ini disebabkan dengan teknologi filter 0,5 micron yang mampu menyaring hingga ke level bakteri. Penggunaannya mudah dan tentunya sangat bermanfaat dalam membantu masyarakat untuk bisa mendaur ulang minyak jelantah pada saat masa kelangkaan minyak goreng yang juga semakin tidak terjangkau harganya.

    hubungi saya, untuk presentasi dan data informasi lebih lanjut.

    Salam,

    Sahat P. Gultom
    PT Hersa Wahana Hawila
    Micfil Indonesia Distributor
    WA 087774318588
    sahat@pthaweha.com

Post a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.