Blog

Dansatgas Minta Warga Waspada Bencana Alam

KABUPATEN BANDUNG – Komandan Satgas Citarum Harum Ridwan Kamil menyempatkan diri mengunjungi kawasan yang terdampak banjir bandang Sungai Ciwidey di Desa Ciwidey, Rabu (8/6/2022). Pada kesempatan tersebut Ridwan meminta warga waspada dengan kondisi cuaca saat ini.

Diakui Ridwan, meski sudah memasuki musim kemarau, intensitas hujan deras di Jawa Barat masih terjadi. Di antaranya menyebabkan beberapa bencan alam seperti banjir bandang yang terjadi di Sungai Ciwidey awal pekan ini.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil pun mengimbau warga untuk tetap waspada. Terlebih saat ini hujan deras cukup intens.

Dikatakan Ridwan, bencana di Jabar mayoritas berhubungan dengan air. Kalau musim hujan biasanya banjir, sedangkan musim kemarau atau musim hujan bukan di daerah aliran biasanya longsor atau kombinasi banjir dan longsor.

“Saya minta kepada warga Jabar harus waspada kalau hujan agak deras volumenya, tolong mewaspadai satu aliran sungai, kedua, mereka yang mungkin tinggal di kemiringan tanah itu harus lebih sensitif,”ucapnya pada media.

Terkait dengan hujan yang intens akhir-akhir ini meski musim kemarau, Ridwan mengatakan, hal itu merupakan fenomena global warming.


“Ini menebak cuaca sekarang lebih sulit. Harusnya sekarang bulan kemarau tapi hujan dua hari terakhir masih banyak. Jadi agak susah ini fenomena global dimana-mana. Artinya kewaspadaan terhadap kebencanaan harus diterapkan pada rutinitas kegiatan sehari-hari,”ucapnya.

Di sisi lain, saat ini pemprov Jabar sudah menyiapkan Jabar Resiliance Province itu di dalamnya ada edukasi kebencanaan.

“Mudah-mudahan dengan kewaspadaan dari masyarakat sendiri, dengan tipe kebencanaan yang rata-rata berhubungan dengan air, ini menjadi sebuah budaya ketangguhan masyarakat Jabar,” ujar dia.(*)

No Comment

1
No Comments

Post a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.