Blog

Dansektor 22 Dukung Penuh Kolam Retensi Rancabolang

KOTA BANDUNG – Komandan Sektor 22 Citarum Harum Kol. Inf. FX. Sri Wellyanto Kasih mengapresiasi peresmian Kolam Retensi Rancabolang, juga rumah pompa yang digunakan untuk mengalirkan genangan air di kawasan tersebut di area SOR Gedebage, Kota Bandung, Rabu (14/12/2022).

Wellyanto mendukung inisiatif Pemkot Bandung, karena hal ini sangat berhubungan dengan program Citarum Harum yaitu menjaga keutuhan sungai dalam menilai bahaya banjir yang sering terjadi di wilayah Gedebage.

“Banjir Gedebage ini berdampak ke berbagai hal, kita sangat setuju bahwa peresmian Kolam Retensi Rancabolang ini yang memiliki luas sekitar 8.000 meter persegi, akan bisa membantu dan menjadi solusi banjir di wilayah tersebut,” ucap Wellyanto pada media.

Satgas Citarum Harum Sektor 22 selalu melakukan kolaborasi bersama Pemerintah Kota Bandung pada keberlangsungan sungai. Segala solusi dalam mengatasi mitigasi dan keselamatan bencana yang disebabkan oleh sungai selalu bersama-sama bergerak.

Menurut Dansektor 22 Citarum Harum ini bahwa selain untuk menyerap genangan air yang berpotensi menyebabkan banjir, kolam retensi juga bisa menjadi alternatif ruang terbuka hijau bagi masyarakat.

“Semoga keluhan masyarakat terkait banjir bisa terjawab,” ucapnya.

Hal yang sama di utarakan pula oleh Wali Kota Bandung Yana Mulyana, ia menyambut positif peresmian kolam retensi dan rumah pompa ini. Menurutnya, Kolam Retensi Rancabolang memiliki sejarah panjang sejak 2019, mulai dari pengelolaan hingga fungsinya sebagai penyerap air saat hujan deras.

“Mudah-mudahan ini bisa mengurangi dampak banjir saat debit hujannya besar. Tempat ini punya histori yang besar, di antaranya merupakan hasil swadaya masyarakat,” ujar Yana.(*)

No Comment

0
No Comments

Post a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.