Blog

Dansektor 7 Kolonel CAJ (K) Nurjanah Suat Usul Tiap Desa Miliki TPS

KABUPATEN BANDUNG – Tak hanya soal pemberdayaan perempuan di Sektor 7 Sungai Citarum, Komandan Sektor 7 Kolonel CAJ (K) Nurjanah Kuat pun mendorong agar tiap desa di sekitar kawasan Sektor 7 atau dari Dayeuhkolot hingga Pangauban memiliki sarana dan prasarana tempat pengolahan sampah. Hal itu guna menggorganisir sampah-sampah warga agar tidak berakhir di Sungai Citarum.

“Alhamdulilllah kondisi Sungai Citarum kini membaik, namun memang kalau hujan masih ada sampah yang berasal dari anak sungai dan ini yang harus ditangani,”ujar Nurjanah, Senin (28/11/2022).

Menurut Nurjanah, perlu kiranya manajemen pengelolaan sampah di setiap desa.

“Ada permasalahan proses pembuangan sampah desa yang belum terorganisasi dengan baik. Alangkah baiknya apabila setiap desa miliki satu tempat pengelolaan sampah,”ucapnya.

Desa dapat membentuk kepengurusan penglolaan sampah yang baik, mulai dari mengumpulkan sampah dari rumah ke rumah dengan tertib.

“Kalau teroganisir dengan baik insyaallah lebih tertib, ini mungkin yang menurut baik. Menurut saya harus jadi program, apabila satu desa miliki 1 tps atau dengan sedikitnya 5 personil kepengurusan,”ucapnya.

Nanti pengelola TPS difasilitasi dengan motor-motor sampah untuk dikelola di tempat yang dijadikan TPS, kemudian pengelola sampah diberikan upah yang layak juga.

“Kalau terkordinir dengan baik insyaallah akan disiplin dan tertib,”pungkasnya.(*)

No Comment

0
No Comments

Post a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.