Blog

Desa Sukadami Bersihkan Sungai Cikadu Melalui Padat Karya Tunai

KABUPATEN BEKASI – Pemerintah Desa Sukadami Kecamatan Cikarang Selatan, telah selesai melaksanakan kegiatan Padat Karya Tunai sebagai program pemerintah daerah dalam rangka pemulihan ekonomi dan bersihkan lingkungan.

Sekretaris Desa (Sekdes) Sukadami, Abeng Arief, mengapresiasi program pemerintah daerah tersebut, yang berdampak positif untuk kebersihan lingkungan dan membantu pendapatan masyarakat.

“Alhamdulillah, dengan program padat karya tunai ini, selain lingkungan bersih, masyarakat sangat terbantu perekonomiannya. Mereka mendapatkan Rp 160 ribu per hari selama 6 hari,” ucapnya dikutip dari situs resmi Pemkab Bekasi, Rabu (21/12/2022).

Abeng menyebutkan, program padat karya tunai di desanya melibatkan 88 warga yang bekerja membersihkan Sungai Cikadu yang sering menyebabkan banjir.

“Ya, kami di sini dibantu oleh FPRB, Destana, RT/RW, dan seluruh lapisan masyarakat, yang ikut terlibat dalam pembersihan kali Cikadu,” ucapnya.

Abeng menambahkan, padat karya tunai ini merupakan program pemerintah daerah berupa kegiatan pemberdayaan masyarakat desa, untuk pemulihan ekonomi pasca pandemi dan dampak dari kenaikan Bahan Bakar Minyak (BBM).

“Ya, kita mengutamakan pemanfaatan sumber daya tenaga kerja lokal untuk menambah pendapatan masyarakat, kita ajak bersih-bersih lingkungan dan mereka mendapat tambahan penghasilan juga,” katanya.

Selain itu, lanjut Abeng, padat karya ini menumbuhkan budaya gotong royong, kekompakan dan kebersamaan, sehingga tercipta kesadaran masyarakat terhadap kebersihan lingkungan. (*)

No Comment

3
No Comments

Post a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.