Blog

Dinas SDA Ajak Warga Jaga Sungai Dari Sampah  

KOTA BANDUNG – Membuang sampah ke sungai sama dengan menambah beban sungai dan penderitaan masyarakat sekitar sungai. Tak hanya mencemari sungai, ternyata sampah di sungai cukup merepotkan dalam penanganannya.

Dengan demikian, masyarakat harus menyadari dan disiplin dalam membuang sampahnya ke tempatnya. Bahkan, akan lebih baik jika sampai melakukan pemilahan sampah di rumah.

Demikian diungkapkan Kepala Dinas Sumber Daya Air Jawa Barat Dikky Ahmad Sidik pada pengambilan gambar podcas Ngobrolin Citarum (Ngonci) di kantor Dinas SDA Jabar di Jalan Braga, Kota Bandung, Rabu (3/8/2022).

“Sampah di sungai ini jadi kendala juga dalam penanganannya. Pertama pengambilan sampah di sungai bukan urusan mudah karena cukup berat ya bersampur dengan air jadi butuh effort”, katanya.

Selain itu, ketika sampah berhasil diangkut ke tepian ada kendala lagi karena tidak semua dapat tertampung di TPA karena faktor beratnya massa sampah. Pemulung pun kadang enggan memungut sampah dari sungai untuk dijual kembali.

“Maka mari sama-sama jaga kebersihan d lingkungan masing-masing. Buang sampah pada tempatnya, pilah sampah. Kita harap penanganan sampah itu tidak sampai di sungai”, tuturnya.

Untuk diketahui, salah satu tupoksi Dinas SDA Jabar memastikan kondisi di enam wilayah sungai di Jabar lancar dan sesuai dengan fungsinya.

“Pada Hari Sungai Nasional kemarin kami pun melaksanakan gerakan bersih-bersih di sungai. Adanya hari sungai nasional untuk lebih hormati sungai jangan sampai ada pencemaran”,  ucapnya.

Selain itu, pihaknya juga menggelar lomba konten medsos membersihkan sungai agar memotivasi masyarakat menjaga kebersihan sungai.(*)

No Comment

0
No Comments

Post a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.