Blog

Dinas TPH Gelar Bimbingan Teknis Agroforesty di Sektor 23

KABUPATEN BANDUNG – Kecamatan Kertasari dan Sektor 23 Pembibitan Satgas Citarum Harum menjadi tuan rumah pelaksanaan Bimbingan Teknis Teknologi Tumpang Sari Tanaman Buah Tahunan pada Lahan Konservasi DAS Citarum di Kecamatan Kertasari, Kabupaten Bandung. Rabu (13/4/2022).

Kegiatan yang diselenggarakan Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Jawa Barat itu dalam rangka meningkatkan kesuburan tanah dan mengembalikan fungsi lahan kritis serta meningkatkan kesejahteraan petani di kawasan sekitar hulu Sungai Citarum. Pada kesempatan tersebut, DTPH Jabar menyerahkan bibit secara simbolis pada sektor 23/pembibitan dan juga melakukan penanaman di Taman Cita Harum.

Komandan Sektor 23/Pembibitan Kolonel Inf Moch Ridwan mengatakan, kerusakan DAS Citarum terjadi karena adanya lahan kritis yang belum ditanami tanaman keras dan juga sistem agroforesty yang mengakibatkan terjadinya longsor dan banjir. Melalui bimbingan teknis teknologi tumpang sari tanaman buah tahunan pada lahan konservasi DAS Citarum dapat mengidentifikasi lahan tersebut layak untuk ditanami sayur atau tidak.

“Maka dari itu kita melakukan dengan pola agroforesty atau tumpang sari dengan ditambah dengan tanaman keras yang bisa menyengkram tanah,” ujarnya.

Adapun bimbingan teknis yang dipaparkan saat itu yaitu reboisasi pada pohon dan juga pengolahan sampah di hulu atau DAS Citarum. Selain itu, startegi dan kebijakan eksternal meliputi, sosialisasi dan pendampingan, pemberian modal, bimbingan alih profesi dan menyediakan bibit dalam internal yaitu 7P (Penyemaian, Pembibitan, Penanaman, Perawatan, Pembibingan, Pengawasan, patroli)

“Maka dari itu dengan kegiatan ini kita semua bisa menjaga DAS Citarum ini dengan baik karena ini juga berpengaruh kepada masyarakat dan juga kita bisa menerapkan tumpang sari,” katanya.(*)

No Comment

0
No Comments

Post a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.