Blog

DLH Jabar dan UNDP Indonesia Dokumentasikan Perbaikan Citarum

KABUPATEN BANDUNG BARAT – Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Jawa Barat dan tim dari United Nations Development Programme (UNDP) Indonesia tengah dalam proses pengumpulan dokumentasi perbaikan Sungai Citarum yang selama empat tahun ini telah dintervensi Satuan Tugas Citarum Harum.

Salah satu titiknya yaitu ke sektor 9 Citarum, Sabtu (23/4/2022). Kegiatan tersebut merupakan tindak lanjut dari surat Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Republik Indonesia. Fokus kepada perubahan serta dampak dari penanganan yang telah dilakukan bagi masyarakat.

Dikutip dari Mata Peristiwa, proyek video dokumenter dengan tema Bisnis dan Hak Asasi Manusia di Asia untuk mempromosikan praktek bisnis yang bertanggung jawab.

Komandan Sektor 9 Kolonel Inf Akhmad Yani menuturkan, di Sektor 9 didokumentasikan berbagai upaya dan progres yang telah dilakukan yaitu penataan Waduk Saguling, penanganan limbah, eceng gondok, KJA dan sampah, serta edukasi kepada masyarakat.

“Edukasi kepada masyarakat dan anak-anak sekolah efektif dalam jangka panjang. Tujuannya menanamkan kebiasaan mencintai lingkungan sejak dini. Kelak jika taman edukasi sudah rampung, anak-anak bisa belajar mengenai berbagai tanaman yang tumbuh di sekitar posko,” kata Dansektor.

Pada kesempatan yang sama, pihak UNDP Indonesia memastikan bahwa proyek video dokumenter yang dibuat ini merupakan sarana komunikasi agar bisa terdengar di Asia, bahkan dunia.

Fenomena Citarum jadi fokus perhatian mereka untuk didokumentasikan guna meningkatkan kesadaran dari sektor industri maupun masyarakat dan ini juga ruang lingkupnya tidak hanya Indonesia, tetapi Asia Tenggara.

UNDP berharap bahwa masyarakat sadar akan pentingnya pengelolaan lingkungan hidup yang baik dan sehat dan berharap pada siapapun yang memiliki bisnis industri mengindahkan lingkungan hidup.(*)

No Comment

0
No Comments

Post a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.