Blog

DLH Jabar, Kodam III Siliwangi dan Walhi Bahas Keadilan Ekologi

KOTA BANDUNG – Kepala Dinas Lingkungan Hidup Jawa Barat Prima Mayaningtias turut hadir dalam acara bincang di salah satu stasiun televisi dalam topik Keadilan Ekologi, Senin (13/6/2022).

Dikutip dari akun instagram resmi DLH Jabar, selain Prima hadir pula perwakilan dari Walhi Jabar, dan Kapoksahli Pangdam III/Siliwangi Brigjen TNI Kuat Budiman .

Walhi yang diwakili oleh Bidang Advokasi Jabar, Iwan mencatat beberapa poin kerusakan lingkungan. Di antaranya, kerusakan pencemaran sungai, Izin Lingkungan dan Izin Pengambilan Air Tanah yang tidak terkendali.

Selain itu, intervensi pembangunan startegis yang tidak terkontrol kemudian daya tampung terkait resapan air semakin kritis khusunya di wilayah Kabupaten Bandung.

Sementara itu, Brigjen Kuat menyampaikan kurangnya kesadaran masyarakat dalam menjaga dan memelihara lingkungan diantara mengelolanya sampah belum baik.

Menurut dia, masyarakat belum terbiasa dalam menjaga dan merawat pohon oleh karena itu harus terus digalakkan menanam pohon sedari dini agar warisan alam ini bisa dijaga dengan baik .

Terakhir, Prima menyampaikan bahwa permasalahan lingkungan bukan hanya tugas pemerintah daerah saja tetapi tugas dari semua pihak (stakeholder )sehingga tidak ada saling menyalahkan tetapi bersinergi dan berkolaborasi dalam menyelesaikan kurasakan lingkungan karena semua bertanggung jawab terhadap kerusakan lingkungan.(*)

No Comment

0
No Comments

Post a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.