Blog

DPM Desa Jabar Optimalkan Potensi Desa di Hulu Citarum

KABUPATEN BANDUNG – Dinas Pemberdayaan Masyarakat (DPM) Desa Jawa Barat mengoptimalkan pengembangan potensi desa di hulu Sungai Citarum yang juga merupakan titik nol Sungai Citarum.

DPM Desa melakukan kunjungan lapangan dan rapat koordinasi lintas sektor dalam mendorong pembangunan dan pengembangan potensi ekonomi di Desa Tarumajaya, Kecamatan Kertasari, Kabupaten Bandung pekan lalu.

Dikutip dari Media Indonesia, Kepala Bidang Pemberdayaan Usaha Ekonomi Masyarakat (PUEM) DPM Desa Jawa Barat, R Nurtafiyana, menyampaikan Desa Tarumajaya, Kecamatan Kertasari, Kabupaten Bandung, merupakan lokasi titik nol atau hulu Sungai Citarum yang lebih dikenal dengan nama Situ Cisanti.

“Masyarakat dan pemerintah desa pantas berbangga atas keberhasilan menjaga kelestarian Sungai Citarum. Peran desa yang besar dalam menjaga Citarum, manfaatnya juga akan kembali ke desa,” ucapnya.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Jawa Barat Dicky Saromi menyampaikan keberadaan Situ Cisanti yang merupakan sebuah danau yang terletak di tengah Arboretum Wayang Windu yang menjadi hulu Sungai Citarum sangat penting.

“Peran DPM Desa dalam pengelolaan Citarum Harum adalah sebagai edukasi dan pemberdayaan, sehingga upaya yang sudah dilakukan yaitu pemberdayaan oleh Patriot Desa, menjembatani dengan Pihak Kementerian Desa PDTT dan melakukan koordinasi dengan banyak OPD di wilayah hulu Sungai Citarum,” ucapnya.(*)

No Comment

0
No Comments

Post a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.