Blog

DPRD Jabar Dukung Rencana Kerjasama Pemprov dengan Monash University

KOTA BANDUNG – Anggota Komisi I DPRD Jabar, Yosa Octora Santono mendukung kerjasama Pemerintah Provinsi Jawa Barat dengan Monash University terkait revitalisasi Sungai Citarum.

“Kami Komisi I tentunya akan mendukung jika hasilnya berdampak positif bagi masyarakat sekitar Sungai Citarum,” katanya pada wartawan usai menggelar rapat bersama pimpinan dan Anggota Komisi I DPRD Provinsi Jawa Bara dengan stakeholder terkait usulan kerjasama Pemerintah Provinsi Jawa Barat dengan Monash University di Ruang Badan Musyawarah DPRD Provinsi Jawa Barat, awal pekan lalu.

Ia mengatakan, yang menjadi catatan adalah bahwa Sungai Citarum bukan tentang teknis, namun ada sisi budaya, sosial, dan ekonomi. 

“Mudah-mudahan kerja sama ini dapat menghadirkan perubahan yang positif bagi masyarakat sekitar Sungai Citarum sehingga dapat dimanfaatkan sebagai sumber pendapatan dan kesejahteraan masyarakat,” katanya.

Anggota Dewan dari Fraksi Partai Demokrat ini mengatakan hal tersebut bentuk kerja sama kedua pihak dalam memberikan solusi lewat inovasi teknologi dan sosial untuk revitalisasi sungai Citarum dan komunitas sekitarnya.

Tak hanya rapat, Yosa pun melaksanakan kunjungan kerja dengan meninjau proyek percontohan di Desa Padamukti dan Desa Cibodas di Kabupaten Bandung, Selasa (18/10/2022). Kunjungan ini dilakukan dalam rangka pembahasan usulan persetujuan Rencana Kerjasama Luar Negeri antara Pemerintah Provinsi Jawa Barat dengan Monash University Australia. 

“Kegiatan ini merupakan bentuk sosialisasi dan dialog langsung bersama warga setempat untuk membahas revitalisasi Sungai Citarik,”katanya. 

Ia mengatakan melihat respon masyarakat yang antusias dan meminta dukungan, Komisi I akan segera menindaklanjuti kesepakatan kerjasama ini.

“Keterlibatan warga sangat penting karena mereka bersentuhan langsung dengan Sungai Citarik, pembangunan harus dinikmati warga setempat dan juga harus memaksimalkan keterlibatannya,” katanya.

Ia juga mengatakan hasil dari kegiatan ini akan dikaji lebih lanjut dengan teman-teman di Komisi I dengan mengedepankan kesejahteraan masyarakat sekitar Sungai Citarik.(*)

No Comment

0
No Comments

Post a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.