Blog

DRPD Kabupaten Purwakarta Lakukan Kunjungan Kerja ke BBWS Citarum

PURWAKARTA – Balai Besar Wilayah Sungai Citarum menerima kunjungan kerja Komisi III DPRD Kabupaten Purwakarta di kantor BBWS Citarum Kota Bandung, Kamis (12/5/2022).

Kunjungan kerja dilakukan dalam rangka kegiatan koordinasi dan konsultasi tentang strategi penanganan banjir pada perumahan dan kawasan permukiman di Kabupaten Purwakarta yang terjadi beberapa waktu yang lalu, terutama yang disebabkan luapan Sungai Cikao.

Dikutip dari akun instagram resmi BBWS Citarum, dalam kegiatan tersebut, BBWS Citarum menyampaikan beberapa solusi jangka pendek maupun jangka panjang untuk menangani banjir yang melanda Kabupaten Purwakarta tepatnya di beberapa objek wisata dan perumahan Grand Cikao.

Kepala Bagian Umum dan Tata Usaha BBWS Citarum, Dina Noviadriana yang menerima kunjungan kerja ini memberikan pemahaman bahwa banjir yang terjadi bisa diakibatkan oleh beberapa faktor yang pertama yaitu curah hujan yang cukup tinggi.

“Selain itu sungai yang dangkal atau saluran drainase dengan kapasitas yang sudah tidak memenuhi dan yang terakhir yaitu letak geografis wilayah tersebut,”katanya.

Untuk penanganan jangka pendek dapat dilakukan pembuatan dan perkuatan tanggul serta pengerukan oleh BBWS Citarum namun sifatnya semi permanen.

“Untuk jangka panjang, maka perlu penanganan komprehensif dari hulu ke hilir sehingga perlu adanya desain terlebih dahulu,”ujarnya.

Disampaikan juga untuk penanganan banjir perlu dilakukan secara bersama antara BBWS Citarum, DPUTR Kab. Purwakarta serta pihak Pengembang.(*)

No Comment

0
No Comments

Post a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.