Blog

DTTP dan Dishut Jabar Gelar Gerakan Tanam Buah di Sektor 23

KAB. BANDUNG-Dinas Tanaman Pangan dan Pertanian dan Dinas Kehutanan Jawa Barat bekerja sama dengan Sektor 23/Pembibitan Satuan Tugas Citarum Harum dalam Gerakan Tanam Pohon Buah dalam rangka konservasi Lahan Kritis. Gerakan tersebut telah dibuka secara resmi oleh Kepala DTPP Jabar Dadan Hidayat di Petak 73 Sektor 23, Kecamatan Kertasari, Kabupaten Bandung, Rabu (13/10/2021) lalu.

Komandan Sektor 23 Kolonel Arh Wahyu Jiantono mengatakan, kegiatan tersebut seiring dengan program Citarum Harum. Di mana saat ini di Sektor 23/Pembibitan terdapat 1.300 hektare lahan ktiris. Sementara yang sudah diintervensi Sektor 23 baru 961 hektare.

“Kemarin Gerakan Tanam Pohon Buah sudah mulai digencarkan dalam rangka konservasi hutan lahan. Hadir juga masyarakat sekitar selain jajaran DTTP dan Dishut Jabar,”ujar Wahyu, Sabtu (16/10/2021).

“Ini kegiatan yang sangat luar biasa. Kami sendiri sudah menghijaukan 961 lahan kritis di Gunung Wayang kita tanam dan itu hidup dan juga dipelihara bersama warga,”katanya melanjutkan.

Sementara itu, Dadan Hidayat saat itu menyerahkan secara simbolis bibit alpukat, petai dan jengkol.

Dikutip dari akun instagram resmi @dinastphjabar, 13 Oktober 2021 telah dilaksanakan kegiatan Gerakan Tanam Pohon Buah dalam rangka Konservasi Lahan di Daerah Aliran Sungai (DAS) Citarum yang bertempat di Sektor 23 / Pembibitan Citarum, Desa Tarumajaya, Kecamatan Kertasari, Kabupaten Bandung.

Penanaman ribuah pohon buah-buahan di hulu DAS Citarum itu, dipimpin oleh Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Jabar, Dadan Hidayat, berkolaborasi dengan Satuan Tugas Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan DAS Citarum, Kepala Dinas Kehutanan Prov. Jabar, serta TNI Sektor 23 Satgas Citarum, Pemkab Bandung, Dinas Perkebunan Prov. Jabar, Pemerintah Desa, masyarakat, dan lainnya.

Kegiatan ini berkaitan dengan Perpres No.15 tahun 2018 tentang percepatan pengendalian pencemaran dan kerusakan DAS Citarum yang dikenal dengan rencana aksi Citarum Harum. Bibit-bibit pohon buah-buahan dan serbaguna yang ditanam ini meliputi alpukat, jengkol, peuteuy, serta pupuk hayati, pupuk cair, dan lainnya untuk lahan seluas 15 hektare. Penanaman pohon buah-buahan ini diarahkan secara tumpangsari bersama tanaman semusim, sehingga nantinya terjadi keanekaragaman komoditas yang menguntungkan masyarakat.

Tujuan diselenggarakannya acara ini yaitu untuk meningkatkan kesuburan tanah dan mengembalikan fungsi lahan kritis serta meningkatkan kesejahteraan petani di kawasan sekitar hulu Sungai Citarum, juga merupakan langkah strategis penyelamatan sumber dan pasokan air untuk wilayah-wilayah yang dilalui Sungai Citarum di Jawa Barat. Sebab, pada tahun 2030 dikhawatirkan terjadi ledakan jumlah penduduk Jawa Barat. Sehingga, pasokan air bagi warga Jawa Barat harus benar-benar terjamin, dimana fungsi kelestarian dan keamanan hulu DAS Citarum berperan vital.

Sementara itu, di akun resmi @dishut_jabar Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Barat @epi_kustiawan melakukan penanaman pohon bersama Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura Provinsi Jawa Barat @dinastphjabar , TNI Sektor 23 Satgas Citarum, PemKab Bandung, Dinas Perkebunan Provinsi Jawa Barat @disbunjabar , Pemerintah Desa, dan Masyarakat.

Penanaman secara seremonial ribuan bibit pohon buah-buahan itu, dilakukan di lokasi hulu DAS Citarum, yaitu di Kecamatan Kertasari, Kabupaten Bandung.

Jumlah bibit tanaman yang ditanaman sebanyak 5.500 batang bibit pohon jenis MPTS (Multipurposes Tree Species). Gerakan ini diharapkan dapat mengurangi lahan kritis dan menghasilkan tanaman-tanaman yg bermanfaat bagi kesejahteraan masyarakat Jawa Barat.(*)

No Comment

0
No Comments

Post a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.