Blog

Dukung Percepatan ODF 100%, Sektor 22 Citarum Harum Bersama Warga Gunakan Septic Tank

Kota Bandung — Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung melaksanakan program percepatan Open Dification Free (ODF) dengan tujuan meningkatkan kualitas Kesehatan masyarakat.

Hal ini sangat dipuji oleh Satgas Citarum Harum Sektor 22 karena bersangkutan dengan permasalahan limbah domestik yang mengotori Daerah Alien Sungai (DAS) Citarum.

Satgas sektor 22 terus menggiatkan penciptaan air sungai yang bersih dan sehat, sehingga turut membantu Pemkot Bandung menuju Kota layak sehat berupa percepatan ODF 100%.

Dansub 9 Peltu Ihwan Maryudin menjelaskan, ODF bukan hanya program Pemkot Bandung saja namun beririsan dengan implementasi Renaksi Sektor 22 yaitu penanganan limbah domestik.

“Kami setiap harinya di lapangan agar warga yang masih membuang tinja ke sungai supaya membuat Septic Tank, kata Ihwan saat membantu warga yang membuat Septic Tank Mandiri di wilayah Rancasari, Kota Bandung, Selasa (17/1/2023).

Menurut Ihwan, Septic Tank memang selalu dilupakan oleh pemilik rumah, namun dengan kondisi yang ada Septic Tank merupakan salah satu sistem untuk menuntaskan permasalahan limbah domestik atau tinja.

Ihwan menjelaskan, pembuangan tinja yang tidak memenuhi syarat sangat berpengaruh pada penyebaran penyakit berbasis lingkungan, sehingga untuk memutuskan rantai penularan ini harus dilakukan rekayasa pada akses ini.

Agar program tersebut berhasil, lanjut Ihwan, akses masyarakat pada jamban harus mencapai 100% yang dikenal dengan istilah ODF atau tidak lagi membuang tinja ke sungai.

“Diharapkan warga yang masih membuang tinja agar membuat septic tank baik secara komunal maupun mandiri, Karena berpengaruh pada aspek kesehatan dan pencemaran kualitas air akibat Bactery Ecolli yang ada harus dihindari agar baku mutu air sesuai yang kita diharapkan,” ucapnya.

Ihwan berharap, Kegiatan warga dengan membuat Septic Tank menjadi salah satu bentuk upaya untuk menciptakan sungai bersih dan sehat.

“Kepada warga yang belum membuat septic tank harus sadar dan ikut serta dalam penyelesaian permasalahan yang ada saat ini, yaitu bisa menciptakan kondisi air sungai yang bersih dan sehat,” ujarnya.

No Comment

0
No Comments

Post a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.