Blog

Evaluasi dan Renaksi 2023 dalam Mendukung Program Edukasi dan Pemberdayaan Masyarakat

Jakarta — Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) cq. Asisten Deputi Pemerataan Pembangunan Wilayah melakukan Evaluasi 2022 dan Pembahasan Renaksi pelaksanaan Program Edukasi dan Pemberdayaan Masyarakat di Daerah Aliran Sungai (DAS) Citarum tahun 2023 selaras dalam mendukung peran Menko PMK dalam struktur Organisasi pada Perpres 15/2018 tentang Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan (PPK) DAS Citarum sebagai Wakil Ketua III.

Tim Satgas PPK Citarum Harum mengungkapkan terdapat kendala koordinasi dalam diperlukan peran Kemendesa PDTT dalam Pelaksanaan Percepatan PPK DAS Citarum sehingga diperlukan regulasi yang mengatur keterlibatannya.

“Terdapat kendala dan hambatan dalam pelaksanaan edukasi dan pemberdayaan masyarakat ke depannya, diantaranya belum optimalnya koordinasi dengan DPMD Kabupaten/tata pemerintahan kota dan satuan pendidikan serta diperlukan keterlibatan Kemendesa PDTT sebagai tim pengarah yang belum diakomodir dalam Perpres 15 tahun 2018,” kata Sandhi, Selasa (21/2/2023).

Pada Program Edukasi dan Pemberdayaan Masyarakat pada tahun 2022 telah mencapai target, diantaranya 156 dari 156 intitusi Pendidikan teredukasi; 1.268 dari 580 inisiatif Program Pemberdayaan terlaksana; dan 31 dari 10 komunitas teredukasi.

Renaksi Tahun 2023 ditargetkan berada pada 60 Desa di bagian hulu, tengah, dan hilir dengan melibatkan patriot desa dan masyarakat pada program edukasi dan pemberdayaan yang dilakukan masyarakat.
Kegiatan dimaksud meliputi antara lain penanganan sampah dan perilaku menjaga kelestarian lingkungan disepanjang DAS Citarum, regulasi dalam pelestarian lingkungan, dan Bumdes yang mengelola bisnis di bidang pelestarian lingkungan.

“Kemenko PMK melakukan fungsi KSP DAS Citarum pada Program Edukasi dan Pemberdayaan Masyarakat serta mengharapkan peran Kemenko Marves sebagai Ketua Pengarah melakukan koordinasi dengan para wakil ketua dan K/L yang terlibat dalam perpres 15/2018 untuk mereview kesesuaian dan capaian program di masing-masing pokja,” ujar Herbert.

Rapat Koordinasi dipimpin oleh Asdep Pemerataan Pembangunan Wilayah Kemenko PMK dan dimoderatori oleh Analis Kebijakan Ahli Madya Arif Suprapto, serta dihadiri oleh perwakilan dari Kemenko Marves; KLHK; Kemendesa PDTT; DPMD Provinsi Jawa Barat; Dinkes Provinsi Jawa Barat dan Satgas PPK DAS Citarum Harum. (Kemenko PMK)

2 Comments

1
2 Comments

Post a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.