Blog

Gebyar Pengangkatan Eceng Gondok di Cirata

CIANJUR- Satgas Citarum Harum Sektor 12 bersama Pemerintahan Kabupaten Cianjur, melaksanakan Gebyar Serbuan Pengangkatan Eceng Gondok di perairan Waduk Cirata, di Blok Coklat, Desa Cikidangbayabang, Kecamatan Mande, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Rabu, (27/10/2021). Saat itu, sebanyak 5.000 dari 100 ribu benih ikan nilem pun ditebar di waduk tersebut dengan melibatkan warga sekitar dan para petani jaring apung.

Setelah melaksanakan penebaran benih ikan para peserta kegiatan melanjutkan kegiatannya dengan melaksanakan penanaman pohon pala di bibir Waduk Cirata.

Bupati Kabupaten Cianjur, melalui Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan, Budi Rahayu Thoyib mengatakan, kegiatan tersebut merupakan upaya kolaborasi dalam memulihkan Waduk Cirata yang saat ini dipenuhi oleh eceng gondok. Penumpukan eceng gondok tersebut dikahawatirkan mencapai turbin pembangkit, mengganggu kebersihan daerah aliran Sungai Citarum, dan transportasi perairan.

“Sehingga kita mencoba dari pemerintahan Kabupaten Cianjur dan Satgas Citarum Harum Sektor 12 untuk melakukan pengangkatan gulma atau eceng gondok tersebut,”ujarnya pada media.

Budi berharap agar kegiatan tersebut kedepannya dapat berlanjut dan dapat mengatasi penumpukan minimal di perairan daerah Cikidangbayabang terlebih dahulu.

Komandan Satgas Citarum Harum Sektor 12, Kolonel CZI. Suyatrinu Wardedi mengatakan, pihaknya menargetkan dalam waktu dua minggu eceng gondok di wilayah Desa Cikidang Bayabang tersebut dapat berkurang banyak.

”Insyaallah jika kegiatan ini berhasil, Rencananya kami akan melakukan hal yang sama di kabupaten Purwakarta, dan Bandung Barat, untuk membersihkan waduk Cirata ini dari penyebaran pertumbuhan eceng gondok,”ucapnya.(*)

No Comment

0
No Comments

Post a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.