Blog

Hari Bumi, Sektor 7 Satgas Citarum Tanam Vertiver

KAB.BANDUNG-Peringati Hari Bumi 2021, Sektor 7 Satuan Tugas Citarum Harum melakukan penanaman rumput vertiver di bantaran sungai Sektor 7 Satgas Citarum Harum, Kamis (22/4/2021). Rumput vertiver ini bisa mencegah sedimentasi di Sungai Citarum.

Komandan Sektor 7, Kolonel Inf Jefson Marisano bersama Sub Andir, Sub Sukamukti dan Sub Sangkanhurip melaksanakan kegiatan penanaman rumput vertiver di bantaran Sungai Citarum sesuai wilayah Sub Sektor nya masing-masing.

Pada penanaman rumput vertiver ini mengajak tokoh, maupun warga sekitar untuk sama-sama peduli akan lingkungannya, peduli akan Sungai Citarum. Terlebih Kamis ini bertepatan dengan Hari Bumi. “Di Hari Bumi ini, kami tegaskan program Citarum Harum yang selalu disampaikan atau disosialisasikan kepada warga masyarakat adalah Kita Jaga Alam maka Alam akan Jaga Kita,”ucap dia.

Penanaman rumput vertiver ini sebelumnya sudah pernah dilaksanakan di tahun 2018 dan tahun 2020. Kemudian di tahun 2021 ini dilanjutkan kembali. Pada kesempatan kali ini Sektor 7 Satgas Citarum diberikan bantuan bibit vertiver sejumlah kurang lebih 8.000 bibit dari Irma Hutabarat (Citarum Care/Vertiver Indonesia). Bibit vertiver ini disebar dan ditanam di sepanjang bantaran sungai wilayah Sub Andir, Sub Rancamanyar, Sub Sukamukti, Sub Sangkanhurip, Sub Dayeuhkolot dan Sub Cangkuang.

Untuk diketahui, vertiver adalah jenis tanaman yang dikenal dengan nama akar wangi atau narwastu. Tanaman ini adalah sejenis rumput yang berasal dari India. Tumbuhan ini termasuk dalam famili Poaceae dan masih sekeluarga dengan sereh atau padi. Sekalipun berjenis rumput, tetapi memiliki akar yang menghujam hingga kedalaman dua sampai dua-setengah meter. Makanya vertiver menjadi pilihan terbaik untuk ditanam di bantaran sungai.

“Vertiver ini selain kuat juga memiliki fungsi lainnya. Fungsi tersebut di antaranya adalah memberikan nutrisi baik bagi tanah yang dibawahnya, akibatnya bisa menjadikan pohon-pohon di sekitarnya tumbuh baik. Bisa di lihat di pohon-pohon di sekitar tanaman rumput vertiver tersebut memiliki daun-daun yang rimbun. Ini dikarenakan nutrisi tadi, sehingga tanaman rumput vertiver ini perlu juga dikembangan di daerah-daerah sepanjang Sungai Citarum,”kata dia.(*)

No Comment

1
No Comments

Post a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.