Blog

Hore Ada TPST Yang Mengolah Sampah Jadi Bahan RDF  

KOTA BANDUNG – Pemerintah Provinsi Jawa Barat terus berupaya dalam menanggulangi sampah. Salah satunya melalui Dinas Perumahan dan Permukiman Provinsi Jawa Barat sebagai Ketua Pokja Limbah Domestik di Program Citarum Harum yang memiliki peran untuk memfasilitasi Kabupaten/Kota dalam pengelolaan sampah di DAS Citarum.

Dikutip dari akun resmi instagram @disperkimjabar, salah satu fasilitas yang saat ini sedang dibangun adalah TPST Cicukang Holis yang berlokasi di Kota Bandung. Progres pembangunan sudah mencapai 97 persen.

Pembangunan TPST ini didanai oleh dana Loan dari Improvement Solid Waste Management to Support Regional Area and Metropolitan Cities (ISWMP).

TPST Cicukang Holis memiliki konsep pengolahan menggunakan teknologi Refused Derived Fuel (RDF) dengan potensi sampah yang dapat dikelola adalah 12-15 ton/hari.

TPST ini akan melayani TPS sekitar pool Tegalega (Perumahan Bumi Asri, Sumber Sari, Dain Permai, Cigondewah Kaler), Pelayanan khusus 2 (Summarecon, ITB, Lapan, dll), serta sumber sampah warga dan penyapuan jalan.

Dalam unggahannya, TPST tersebut akan menerima 10 ton sampah perharinya dengan konsep pemanfaatan sampah sebagai bahan RDF, menjadi energi barukan sebagai bahan bakar untuk industri.

Adapun alurnya, bermula dari pengukuran berat sampah yang diangkut truk pengangkut sampah di jembatan timbang. Kemudian angkutan sampah memasuki area loading, dan sampah masuk ke unit hopper.

Dari unit hopper sampah dialurkan ke conveyor sorting, di sana sampah dipilah untuk bahan RDF. Kemudian hasi pemilahan semprot bio aktivator dikeringkan di area guludan.

Dari area guludan sampah dicacah ukuran terkecil sampah kecil nanti hasil pencacahan di area baging dan siap jadi bahan baku RDF.

Sementara untuk pengolahan air lindi ditampung oleh bak dan diolah kemudian hasilnya akan diserap kembali pada tanah. Selan itu disana pun menerapkan rain water harvesting yang dapat digunakan untuk menyiram tanaman dan mencuci dan lainnya.(*)

1 Comment

2
1Comment
  • adha nur

    mantab

Post a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.