Blog

Inspektorat Kodam III Siliwangi Monev Giat Satgas Di Sektor 16

KARAWANG-Inspektorat Kodam III Siliwangi melakukan pengawasan di Daerah Aliran Sungai Citarum Sektor 16, Kamis (29/7/2021). Hadir Letkol Infanteri Arry Nugroho bersama rombongan meninjau tiga lokasi di kawasan Sektor 16 Karawang yaitu pembibitan lele, kebun sayur dan taman edukasi.

Arry melihat langsung pelaksanaan tugas Satgas Citarum Harum di dua titik yaitu pelaksanaan pembibitan ikan lele dan penanaman sayur yang nanti panennya akan dibagikan pada masyarakat setempat. Arry pun memberikan sosialisasi pada warga sekitar bantaran sungai Citarum tidak membuang limbah maupun sampah ke Citarum.

“Kami dari inspektorat Kodam III Siliwangi mendapat perintah melaksanakan pengawasan penataan ekosistem di DAS Citarum yang sudah diprogramkan sejak 2018,”ujar Arry.

Adapun tujuan pengawasan guna melihat sejauh mana para komandan sektor melaksanakan amanat program Citarum Harum.

“Contohnya di sini (sektor 16) ada penanaman sayur, kacang-kacangan di radius 60 meter dari sungai itu bebas kegiatan masyarakat,”ucap dia.

Pihaknya mendukung Sektor 16 yang memanfaatkan penanaman sayuran, kacang-kacangan dan juga buah-buahan sehingga bermanfaat untuk masyarakat yang ada di DAS Citarum.

“Kami harap Citarum ini juga bersih dari limbah kotoran baik dari pabrik maupun dari masyarakat, dan juga ternak,”ujar dia.

Agus salah seorang warga mengatakan, sebelum ada Satgas Citarum aliran Citarum kotor dan banyak sampah. Saat ini air Citarum bersih dan dapat digunakan untuk mandi.

“Dulu sebelum Citarum Harum itu sampah banyak terus juga kotor. Tapi semenjak ada CItarum Harum Alhamdulillah bersih ya sekarang nyaman,”ucapnya.(*)

No Comment

0
No Comments

Post a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.