Blog

Jamilah, Jambudipa Pilah Sampah  

Satu lagi gerakan pilah sampah terus menggeliat di tengah masyarakat yaitu di Kampung Muril RW 15 Desa Jambudipa, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bandung Barat. Mereka menggagas gerakan Jamilah alias Jambudipa Pilah Sampah.

Dikutip dari unggahan Patriot Desa di akun instagram mereka, program Jamilah tersebut bekerja sama dengan Warung Berbayar Sampah dari @kabut_indonesia.

Pada video tersebut terlihat, satu mobil bak terbuka tengah menampung sampah-sampah plastik yang berasal dari ibu-ibu yang ada di kawasan tersebut. Para ibu-ibu yang di antaranya menggendong anak turut antre menunggu sampah-sampah yang telah mereka pilah untuk ditimbang bobotnya oleh petugas Kabut Indonesia.

Saat itu, ibu-ibu jadi mayoritas para penukar sampah dikarenakan pengumpulan sampah yang sudah dipilah itu berbarengan dengan jadwal Posyandu, satu bulan sekali. Jadi selain memeriksakan kesehatan anak mereka, ibu-ibu tersebut turut membawa sampah yang sudah dipilah.

Salah seorang ibu menuturkan, dia mendapatkan 5 kg sampah yang telah dipilah berupa sampah plastik dan botol. Ibu lainya menunjukkan dia telah mengumpulkan sampah plastik bekas kemasan makanan ringan, kopi yang telah dia gunting kecil-kecil buat kerajinan, isian kursi dan bantal.

Menurut ibu tersebut, mereka yang dilibatkan pada program Jamilah ini tak hanya ibu rumah tangga tapi anak-anak sekolah pun turut menabung sampah.

“Ya sampah serakang jadi emas, jadi uang”, pungkasnya.

Patriot Desa pun berharap kegiatan positif ini bisa terus dilakukan secara konsisten dan mendapatkan dukungan dari berbagai pihak.(*)

No Comment

1
No Comments

Post a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.