Blog

Jangan Buang Ampas Kopimu!

Gaya hidup masyarakat Indonesia sepertinya tidak bisa dipisahkan dengan kopi. Sejak zaman dahulu masyarakat menyukai minuman komoditas unggulan Indonesia ini. Terlebih negara sendiri adalah salah satu produsen kopi yang terkenal di dunia.

Ditambah lagi di era modern ini, kopi sudah dipandang sebagai minuman yang bergengsi, apalagi di kota-kota besar maupun daerah dijumpai kedai-kedai kopi sederhana hingga modern dipenuhi segala lapisan masyarakat seperti kalangan anak muda yang hanya sekedar nongkrong sambil menyeruput aneka kopi.

Di balik ramainya kecintaan masyarakat terhadap kopi, terdapat potensi masalah lingkungan jika tidak ditangani. Adalah kampas kopi yang kerap dipandang sebelah mata dan berakhir di tong sampah. Padahal ampas kopi ini mempunyai beberapa manfaat bagi lingkungan sekitar. Terutama bagi tanaman-tanaman yang membutuhkan efek dari ampas kopi tersebut.

Ampas kopi sangat bermanfaat bagi kesuburan tanaman. Ampas kopi mengandung kafein, zat asam, mineral, protein, dan memiliki pH netral, yang dapat bermanfaat untuk tanaman. Beberapa manfaat tersebut diantaranya adalah sebagai pupuk kompos, mampu menyuburkan tanaman, mampu mengusir hama, sebagai mulsa, sebagai pupuk daun, mampu mencegah daun, dan mampu mencerahkan warna bunga.

Namun, manfaat ampas kopi ini tidak berlaku bagi setiap tanaman. Hanya tanaman bunga-bunga atau pepohonan yang tumbu hdi tanah dengan kandungan sama tinggilah yang membutuhkan efek baik dari ampas kopi ini.

Selain bermanfaat bagi kesuburan tanaman, ampas kopi pun mempunyai kegunaan dalam berbagai kegiatan kita sehari-hari.

Mengutip dari kompas.com beberapa manfaat tersebut antara lain ampas kopi mampu menghilangkan bau amis di tangan, menghilangkan bau di wastafel, mengatasi noda dan menghilangkan kusam pada furniture kayu, dan mampu membersihkan peralatan masak seperti panci dan katel dari noda-noda yang membandel. Tentunya hal ini akan sangat memudahkan aktivitas kita, terutama bagi ibu rumah tangga.

Kopi sampai kapan pun rasanya tidak akan pernah kehilangan peminatnya. Di balik kenikmatan kopi ini, ternyata tersimpan sejuta manfaat yang belum kita ketahui. Seperti ampas kopi, yang ternyata mempunyai efek baik bagi kehidupan sehari-hari dan kesuburan tanaman atau pepohonan. Nah, setelah anda mengetahui manfaat tersebut, apakah kalian akan tetap membuang ampas kopimu? Lebih baik sih jangan buang ampas kopimu!(F/T)

No Comment

3
No Comments

Post a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.