Blog

Jelang Akhir Tahun, Dansektor 7 Lakukan Evaluasi

KAB BANDUNG – Satuan Tugas Citarum Harum Sektor 7 melakukan evaluasi kegiatan. Sesuai Perpres No. 15 Tahun 2018 tentang Percepatan, Pengendalian, Pencemaran Kerusakan Daerah Aliran Sungai Citarum.

Komandan Sektor 7 Citarum Harum Kolonel Infanteri Jefson Marisano mengatakan, selama ini di wilayah Sektor 7 sudah ada peningkatan dan sudah menjadi lebih baik dibanding tahun-tahun sebelumnya. Namun masih perlu ditingkatkan lagi upaya-upaya atau langkah-langkah baik dari segi penanganan limbah industri, limbah cair domestik, sampah, penataan bantaran Sugai Citarum, sedimentasi, banjir, ketahanan pangan dan hubungan masyarakat serta edukasi.

“Dalam penanganan limbah industri selalu memberikan sosialisasi kepada pelaku usaha industri dan pengecekan IPAL secara terpadu bersama Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bandung dan kepolisian,” katanya Rabu (29/12/2021).

Sektor 7, lanjut dia, dalam penanganan sampah juga sama tetap memberikan sosialisasi dan edukasi untuk tidak membuang sampah ke sungai atau sembarang tempat. Namun masih saja oknum yang kurang disiplin sehingga perlu adanya TPS di tiap-tiap RW atau kampung.

Kemudian, penataan bantaran sungai dan pengerukan sedimentasi sudah baik dilakukan walau hanya menggunakan 3 unit alat berat (excavator) dan 1 unit ponton.

“Permasalahan Banjir juga berkurang dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya yang bisa menenggelamkan rumah warga masyarakat, namun kali ini banjir hanya setinggi lutut manusia dan dengan waktu tidak lama segera surut kembali. Hal ini dikarenakan ada pembangunan kolam retensi di Andir dan 5 polder yang kesemuanya untuk mengatasi banjir, “ucapnya.

Untuk ketahanan pangan, kata dia, sudah dilakukan oleh anggota Sektor 7 yakni dengan memanfaatkan bantaran Sungai Citarum untuk berkebun ditanami pohon keras, pohon buah dan sayur-sayuran yang sudah dirasakan hasil panennya oleh warga masyarakat dan anggota Sektor 7 sendiri.

Hubungan masyarakat dan edukasi sudah berjalan dengan sendiri nya yakni dengan melakukan komunikasi sosial, memberikan pengetahuan dan mengajak warga masyarakat untuk menjaga Sungai Citarum dan edukasi Program Citarum Harum di Sub Sektor nya masing-masing.

“Hal ini sebagai motivasi di akhir evaluasi. Kami tidak bosan-bosannya selalu mengingatkan kepada anggota untuk selalu menjaga kesehatan dengan tetap mentaati aturan protokol kesehatan. Karena belum ada jaminan bahwa sudah di vaksin tidak terpapar Covid-19. Walaupun sudah divaksin tetap menjaga protokol kesehatan 5 M yakni tetap menggunakan masker, jaga jarak, rajin mencuci tangan, hindari kerumunan dan tidak melakukan mobilitas,”katanya pada pengarahan anggota Sektor 7 dan para Relawan Citarum di bantaran Sungai Citarum Saung Bojongsayang Desa Rancamanyar Kecamatan Baleendah Kabupaten Bandung.

Pengarahan ini sekaligus evaluasi kegiatan Program Citarum Harum selama ini yang telah dikerjakan di Tahun 2021 yang sebentar lagi akan berakhir.

Dia berharap kedepannya kegiatan Tahun 2022 menjadi lebih baik lagi. Disamping itu juga sekaligus untuk pengecekan anggota Sektor 7 dan Relawan Citarum apakah dalam keadaan sehat atau tidak dan memberikan motivasi atau moril untuk selalu tetap semangat bekerja serta selalu menjaga faktor keamanan.

Selanjutnya Dansektor 7 juga memberikan sembako sebagai ungkapan rasa syukur masih diberikan kekuatan dan kesehatan. (*)

No Comment

0
No Comments

Post a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.