Blog

Jelang Lebaran, Sektor 7 Lakukan Patroli Kebersihan

KAB. BANDUNG-Jelang idul fitri, produksi sampah domestik di kawasan Sektor 7 Satuan Tugas Citarum Harum meningkat. Sampah domestik meningkat seiring dengan meningkatnya aktivitas warga dalam rangka mempersiapkan penganan hari raya dan kebutuhan lainnya.

Komandan Sektor 7, Kolonel Infanteri Jefaon Marisano mengatakan, dengan kondisi tersebut pihaknya melakukan aksi mengambil sampah-sampah yang berserakan dan yang sengaja dibuang begitu saja oleh masyarakat. Di sisi lain, mereka pun tetap melakukan edukasi pada warga agar tidak membuang sampah sembarangan.

“Para Dansub berkoordinasi dengan pengurus RT/RW setempat agar mengingatkan kembali warganya untuk tidak buang sampah sembarangan. Terlihat di beberapa tempat sampah berserakan seperti di bantaran sungai Kampung Cupu Desa Rancamanyar, Kampung Bojongsayang Desa Rancamanyar dan di pinggir jalan Desa Cangkuang Kulon,”ujar Jefson, Rabu (12/5/2021).

“Besar harapan warga masyarakat ke depannya sadar betapa pentingnya arti bebas dari sampah, dengan bersama-sama menjaga alam maka alam akan menjaga kita semua,” tutur Jefson melanjutkan.

Dikatakan Jefson, selama ini sampah selalu menjadi permasalahan yang harus segera teratasi. Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Jawa Barat Prima Mayaningtias mengemukakan bahwa sebanyak 23.000 ton sampah dihasilkan di Jabatan dan 40 persen di antaranya belum tertangani dengan baik. Setiap orang berkontribusi menghasilkan sampah 0,5 kilogram per hari.

“Terbayang 23.000 ton sampah per hari yang dihasilkan Jabar. Apabila 40 persen dari data yang ada tidak tertangani, bisa menyebabkan banjir dan menimbulkan penyakit,” ujar dia.

Sektor 7 Satgas Citarum yang selalu berkomitmen “Bebas Sampah” di wilayahnya menjadi tantangan tersendri untuk segera mengadakan bersih-bersih. Para Dansub Sektor jajaran Sektor 7 Satgas Citarum walaupun sudah sering melaksanakan sosialisasi Program Citarum Harum tentang Bebas Sampah.

“Namun kenyataannya masih saja ada yang buang sampah bukan pada tempatnya dan ada juga ada warga lain yang bukan dari wilayah Sektor 7 dengan sengaja buang bukan pada tempatnya pula,” ujar dia.

Menindaklanjuti petunjuk dari Kepala Dinas Lingkungan Hidup Jawa Barat agar Sampah jangan sampai menimbulkan bencana banjir dan sumber penyakit, maka Sektor 7 Satgas Citarum ini melaksanakan Patroli Sampah di wilayah yang menjadi tanggung jawab dari Sub-sub Sektor, terutama yang berada di Bantaran Sungai Citarum.(*)

No Comment

0
No Comments

Post a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.