Blog

Jernihkan Air Sungai, Satgas Citarum Siapkan Filter Air

KOTA BANDUNG – Satuan Tugas Citarum Harum akan memasang puluhan filter air untuk membuat air sungai jauh lebih jernih. Kepala Penerangan Kodam III/Siliwangi, Kolonel (Inf) Arie Tri Hedhianto menuturkan, dengan pemasangan puluhan filter tersebut harapan ke depan bisa membuat air sungai bisa diminum di banyak tempat.

“Namun tentunya bertahap, tetapi untuk alat-alat filter air ini sudah kita miliki, tinggal tunggu gongnya saja kapan mulainya,” kata Arie pada wartawan, Minggu (5/6/2022).

Menurut Arie, filter air ini pun ada juga yang merupakan hasil inovasi jajaran kodim di bawah Kodam III/Siliwangi. Pemasangannya nantinya tentunya sesuai kebutuhan agar Sungai Citarum semakin bersih.

Selain itu lanjut Arie, Kodam III/Siliwangi juga tengah membuat inovasi lainnya untuk Sungai Citarum ini. Salah satunya adalah dengan terus membuat oxbow (danau tapal kuda) baru agar banyak sungai mati bisa dihidupkan.

“Banyak bagian dari Sungai Citarum yang mati, dengan dibentuknya oxbow tersebut maka diharapkan ke depan bisa menjadi tempat wisata bagi masyarakat. Baik bagi warga sekitar sungai, atau masyarakat yang sengaja datang ke sekitar oxbow tersebut,” katanya.

Dikatakan Arie, hal ini sudah direstui oleh kementrian termasuk oleh Gubernur Jabar Ridwan Kamil. “Sebagian sudah berjalan, sementara yang lainnya masih dalam tahap perencanaan,” ucapnya.

Disinggung mengenai jumlah anggota Kodam III/Siliwangi yang diturunkan di Citarum, lanjut Arie, jumlahnya masih sama. Belum ada tambahan anggota karena jumlah anggota masih dirasakan cukup.

Di sisi lain kata Arie, penanaman bibit di bantaran sungai sektor-sektor Citarum di bawah Kodam III/Siliwangi masih terus dilakukan. Tujuannya tentunya adalah untuk mencegah erosi ke dataran rendah.

Selain penanaman pohon, pembersihan secara manual dan sosialisasi kepada masyarakat pun masih dilakukan Kodam III/Siliwangi. “Kami meminta masyarakat untuk sama-sama menjaga Sungai Citarum dan bantarannya, baik tidak membuang sampah atau menebang tanaman keras di sekitarnya,” ucapnya.

Oleh karena itu Kodam III/Siliwangi dipastikan akan terus berinovasi dan berusaha sebaik mungkin agar ke depan Sungai Citarum bisa jauh lebih baik. (*)

No Comment

0
No Comments

Post a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.