Blog

Kanjut Kundang Teman Belanja Hindari Sampah Plastik

Banyak cara untuk mengurangi potensi sampah plastic di tengah masyarakat. Seperti halnya yang dilakukan oleh Djuandi (70) warga Cihampelas Kota Bandung. Djuandi adalah salah seorang relawan lingkungan yang menerapkan pola hidup zero waste (nol sampah) dalam kesehariannya. Dia mengaplikasikan zero waste mulai dari menggunakan barang bekas yang layak pakai hingga membawa kantong khusus ketika berbelanja guna menghindari sampah plastic.

Kantong belanjaan milik Djuandi dia sebut dengan kanjut kundang atau semacam kantong kecil dari bahan kain dengan tali serut untuk menutup kantong tersebut.

“Biasanya kalau saya ke pasar saya bawa kanjut kundang ini supaya enggak bawa sampah plastic ke rumah,” ujar Djuandi di rumahnya, Kamis (28/10/ 2021).

Menurut dia, kantong kain tersebut merupakan solusi utama untuk bebas sampah plastik, khususnya pada saat berbelanja di pasar.

“Bikinnya juga mudah dan murah, ini pun saya buat dari kain-kain bekas atau kain yang sudah tidak terpakai lagi, Jadi didaur ulang,’ ucapnya.

Selain itu memanfaatkan kain bekas, Djuandi pun memanfaatkan toples–toples bekas untuk dijadikan wadah bahan pangan seperti telur dan buah-buahan.

“Biasanya saya dapat toples–toples bekas dari belanjaan saya sebelumnya. Saya simpan wadahnya agar dapat digunakan kembali tanpa harus menggunakan kantong atau wadah plastik tambahan,” katanya.

Dia pun berharap gaya hidup zero waste dapat diterapkan masyarakat pada umumnya guna mengurangi potensi sampah plastik kedepannya.(dikk).

No Comment

1
No Comments

Post a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.