Blog

Karawang Matangkan Rencana Program ISWMP di DAS Citarum

KARAWANG – Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Karawang telah melakukan rapat koordinasi (rakor) Rencana Aksi Pengelolaan Sampah di Wilayah DAS Citarum, Jumat (11/2/2022) lalu.

Sekretaris Bappeda Kabupaten Karawang, Asep Hazar mengatakan, penanganan sampah dan pengelolaan sampah di DAS Citarum ini merupakan program ISWMP (Improvement of Solid Waste Management to Support Regional Area and Metropolitan Cities) yakni sebuah program peningkatan pengelolaan sampah nasional dengan target utama kota metropolitan dan skala regional.

“Nah karena DAS Citarum itu kewenangannya bervariasi, perlu ada intervensi dari seluruh OPD. Dari Kementerian saja sekurang-kurangnya ada tiga kementerian, dan itu bersama-sama dalam menangani Citarum,” kata dia dikutip dari keterangan Diskominfo Karawang, Senin (14/2/2022).

Melalui rakor tersebut, kata dia, pihaknya bisa menyinkronkan kegiatan penanganan sampah di wilayah DAS Citarum dan juga dapat memberdayakan masyarakat.

“Dan untuk ke bawah itu lintas OPD, DLHK, PUPR, DPMD, dan itu adalah dalam rangka kita menyinkronkan kegiatan penanganan sampah di sekitar Citarum terutama pemberdayaan masyarakatnya,” tuturnya.

Dia berharap, dari hasil rakor terkait rencana tersebut bersama dengan dinas-dinas dapat berperan aktif dalam menanggulangi persoalan sampah.

“Harapannya OPD yang dapat ikut serta menangani sampah di DAS Citarum sesuai dengan tufoksinya, ikut berperan aktif dinas-dinas atau OPD yang terkait dapat berperan aktif dalam menanggulangi persoalan sampah,” ucapnya.

Sebelumnya, Dinas Perumahan dan Permukiman Provinsi Jawa Barat bersama Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Provinsi Jawa Barat melakukan Survey bersama terhadap Calon Lokasi Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST) untuk usulan Program Improvement of Solid Waste Management to Support Regional and Metropolitan Cities (ISWMP) dalam rangka Pengelolaan Persampahan di DAS Citarum.

Dikutip dari akun instagram resmi Disperkim Jabar, survey dilakukan untuk mengetahui kondisi eksisting aset pemerintah provinsi Jawa Barat di Kabupaten Karawang.
Pemerintah Provinsi Jawa Barat memiliki aset tanah seluas 7 Ha di Desa Lemah Makmur, Kecamatan Tempuran.

Rencananya lokasi ini akan direkomendasikan untuk usulan lahan Calon Lokasi Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST) untuk usulan Program Improvement of Solid Waste Management to Support Regional and Metropolitan Cities (ISWMP) dalam rangka Pengelolaan Persampahan di DAS Citarum. (*)

No Comment

1
No Comments

Post a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.