Blog

Kasdam III/Siliwangi Kunjungi Sektor 7 Satgas Citarum

KAB.BANDUNG-Kasdam III/Siliwangi Brigjen TNI Darmono Susastro, mengunjungi Posko Sektor 7 Satgas Citarum di Posko Demplot di Sub Rancamanyar, Selasa (14/9/2021). Darmono disambut Dansektor 7 Kolonel Inf Jefson Marisano, Dansub Rancamanyar Peltu Jumain dan Staf.

Jefson mengatakan, kunjungan dilakukan guna melihat sampai sejauhmana progress Sektor 7 Satgas Citarum yang sudah dikerjakan saat ini. Disela-sela kesibukan yang begitu padat Kasdam III/Slw bisa menyempatkan diri berkunjung ke Sektor 7.

“Adapun kegiatan Kasdam III/Slw ingin mengetahui secara langsung kondisi kegiatan Sektor 7 di lapangan, seperti kegiatan proses tanam menanam di lahan bantaran sungai, melihat kondisi Sungai Citarum saat ini dan kegiatan alat berat (excavator) yang sedang operasional mengeruk sedimentasi di Sungai Citarum yang saat ini sedang dangkal,”tutur dia.

Selanjutnya Kasdam III/Slw meninjau Sub Sektor Bojongmalaka dan Sub Sektor Andir. Di Sub Bojongmalaka disambut Dansub Serda Bagyo dan para anggotanya.

“Kegiatan yang sama yakni meninjau proses tanam menanam yang sedang dikerjakan di bantaran sungai dan melihat kondisi Sungai Citarum yang saat ini sedang mengalami kedangkalan karena musim kemarau,” tutur dia.

Kemudian Kasdam III/Slw menuju ke Sub Andir dan disambut Dansub Pelda Dodi Daodi bersama para anggotanya. Di Sub Andir cuaca hujan namun demikian tidak mengurangi semangat Kasdam III/Slw untuk meninjau langsung kegiatan di Sub Andir seperti proses tanam menanam di lahan bantaran sungai, melihat budidaya ikan lele dan melihat kondisi Sungai Citarum di saat hujan dan terlihat debit air sungai sedang naik.

Dansub Andir menyampaikan kepada Kasdam III/Slw tentang wilayah Sub Andir apabila hujan turun dalam waktu lama dipastikan akan banjir namun dalam waktu tidak begitu lama surut kembali dikarenakan aliran Sungai Cisangkuy dari arah Pengalengan sudah dibagi dua aliran yakni aliran ke Andir dan aliran ke Sukamukti serta saat ini sedang adanya pembangunan penampungan air yang sedang proses pembangunan yakni kolam retensi dan polder.

Kegiatan Kasdam III/Slw di Sektor 7 dapat berjalan dengan tertib, aman dan lancar. Dansektor 7 mengucapkan terimakasih atas kunjungan Kasdam III/Slw ke Sektor 7 dan terimakasih juga atas arahan-arahan dan masukan-masukan kepada Sektor 7 Satgas Citarum khususnya kepada anggota dan Relawan Citarum.

Untuk diketahui, Sektor 7 memiliki panjang sungai sekitar kurang lebih 15 Km mulai dari Jembatan Dayeuhkolot Kecamatan Dayeuhkolot sampai dengan Jembatan Cilampeni Kecamatan Katapang Kabupaten Bandung. Sektor 7 juga memiliki 10 Sub-sub Sektor yang tersebar di sepanjang bantaran Sungai Citarum di 4 kecamatan yakni Kecamatan Baleendah, Kecamatan Dayeuhkolot, Kecamatan Katapang dan Kecamatan Margahayu.
(*)

No Comment

0
No Comments

Post a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.