Blog

Kembangkan Potensi Wisata Air Terjun Cikerti, Sektor 11 Lakukan Observasi

KABUPATEN BANDUNG BARAT – Tidak dapat dipungkiri aliran anak Sungai Citarum mengandung keindahan alam yang harus dinikmati dan dilestarikan sekaligus. Seperti halnya Air Terjun Cikerti di Kampung Kota Laksana, RT 01/01 Desa Mandalawangi, Kecamatan Cipatat Kabupaten Bandung Barat.

Satuan Tugas Citarum Harum Sektor 11 yang menjadi garda terdepan penyelamatan Sungai Citarum dan anak-anak Sungai Citarum pun turun tangan meninjau lokasi air terjun setinggi 40 meter itu pada Rabu (28/9/2022).

Komandan Sektor 11 Kolonel Inf Chandra Wirawan menuturkan, Air Terjun Cikerti dulunya sudah di bangun menjadi destinasi wisata dan ditata oleh masyarakat setempat. Sayangnya saat ini warga setempat tidak mengelola dan merawatnya lagi.

“Kalau tidak ada kendala insyaallah tahun ini tempat Air Terjun Cikerti tersebut akan direvitalisasi oleh kami bersama warga dengan mengoptimalkan sumber daya yang ada,”ucapnya.

Dikatakan Chandra, hal itu dilakukan guna membantu perekonomian warga dan yang paling penting bisa menjaga kebersihan baik sungainya maupun lingkungan setempat.

“Air terjun ini bisa dijadikan icon kebanggaan warga setempat juga,”tuturnya.

Sektor 11 akan melanjutkan pembuatan wisata air terjun tersebut. Berdasarkan tinjauan di lapangan sudah banyak fasilitas yang dibangun oleh masyarakat setempat seperti akses jalan sehingga Sektor 11 hanya butuh melakukan sentuhan akhir yang estetik.

Untuk diketahui, Air Terjun Cikerti merupakan bagian dari aliran Sungai Citapen anak Sungai Citarum. Kondisi sungainya masih bersih hanya perlunya pembersihan rutin dari hulu sampai ke hilir dan di saat kemarau pun air tetap ada walaupun sedikit tapi tidak pernah kering.(*)

No Comment

0
No Comments

Post a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.