Blog

Kemenko Marves Bakal Gelar Workshop Keberlanjutan Keberhasilan Program Citarum Harum

KOTA BANDUNG – Merujuk Perpres No.15 tahun 2018, tentang Percepatan Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Daerah Aliran Sungai Citarum, Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi selaku Ketua Dewan Pengarah bersama dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, bermaksud mengadakan Workshop Keberlanjutan Keberhasilan Program Citarum Harum di Harris Hotel, Kota Bandung, Rabu (30/11/2022).

Adapun, Workshop ini bertujuan untuk merumuskan visi kolektif dan elemen sukses pengelolaan DAS Citarum hingga tahun 2025, serta mengidentifikasi rekomendasi keberlanjutan program Citarum Harum.

Deputi Bidang Koordinasi Pengelolaan Lingkungan dan Kehutanan selaku Kepala Sekretariat Pengarah DAS Citarum Nani Hendiarti menuturkan, workshop diharapkan menghasilkan rumusan visi kolektif dan elemen sukses pengelolaan DAS Citarum hingga tahun 2025 dan rekomendasi strategi penguatan keberlanjutan keberhasilan program Citarum Harum.

“Workshop Keberlanjutan Keberhasilan Program Citarum Harum, 30 November 2022, akan memasuki tahap dream dan design pada siklus appreciative inquiry. Melalui proses dream, partisipan workshop akan berbagi impian DAS Citarum ke depan. Partisipan akan saling berdialog, mengkomunikasikan gambaran tentang masa depan DAS Citarum yang diinginkan. Agar impian tidak liar, bebas, sekehendak hati tanpa batasan apapun, maka dalam workshop ini digunakan visi kolektif,”ucapnya dalam keterangan tertulis Minggu (27/11/2022).

Melalui visi kolektif ini, impian dapat dipertanggung-jawabkan kemungkinan perwujudannya. Selanjutnya, dalam proses design, partisipan akan berdialog mendiskusikan elemen sukses untuk mencapai visi kolektif. Elemen sukses adalah kondisi-kondisi yang diharapkan ketika visi kolektif telah terwujud. Dengan mentautkan impian pada kekuatan, ruang dan waktu yang tersedia, workshop ini diharapkan dapat menghasilkan visi kolektif dan elemen sukses program Citarum Harum 2025.

“Rumusan ini diharapkan dapat dicapai melalui metode talkshow yang menghadirkan tokoh-tokoh kunci Program Citarum Harum sebagai pemicu dialog,”ujarnya.

Selanjutnya, melalui proses diskusi kelompok, sebagai tindak lanjut FGD, partisipan workshop akan mengidentifikasi Rekomendasi Strategi penguatan keberlanjutan keberhasilan Program Citarum Harum.

Menindaklanjuti hasil discovery pada FGD 21 Oktober 2022, teridentifikasi 4 (empat) bidang penguatan Program Citarum Harum yaitu: (1) kebijakan dan anggaran; (2) kelembagaan; (3) pemberdayaan institusi dan masyarakat; dan (4) kolaborasi pentahelix dan penegakan hukum.

“Pada sesi ini, peserta workshop akan dibagi dalam 4 kelompok kecil untuk membahas masing-masing bidang penguatan dengan dipandu oleh fasilitator kelompok,”pungkasnya.(*)

No Comment

0
No Comments

Post a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.