Blog

Kemenko PMK Minta Situ Cisanti Tetap Dijaga Keseimbangan Alamnya

KAB.BANDUNG-Sektor 1 Satuan Tugas Citarum Harum menerima kunjungan Kementrian Koordinator Pemberdayaan Masyarakat dan Kebudayaan yang dipimpin oleh Koordinator Pemerataan Wilayah Monalisa Herawati Kumayar di Situ Cisanti, Desa Tarumajaya, Kecamatan Kertasari, Kabupaten Bandung, Kamis (29/4/2021). Kunjungan dilakukan dalam rangka monitoring dan evaluasi penataan wilayah.

“Kami datang ke sini guna monitoring dan evaluasi dalam penguatan dan ketahanan ekonomi,”ujar Monalisa dalam keterangan persnya.

Monalisa mengapresiasi kawasan yang dikelola oleh Sektor 1 Satgas Citarum. Menurut dia, kawasan Situ Cisanti luar biasa karena telah dikelola dengan baik. Sektor 1 benar-benar menjaga kelestarian Situ Cisanti dengan tujuh mata air yang terkandung hingga mengalir di sepanjang 297 km Sungai Citarum.

“Tempat ini luar biasa, ada tujuh mata air. Ini harus dijaga. Hutannya, sumber mata air yang berguna untuk kehidupan masyarakat,”tutur dia.

Kedepan, Monalisa berharap situ Cisanti semakin berkembang terutama untuk menjadi destinasi wisata unggulan. Namun dengan catatan para pengunjung maupun masyarakat sekitar tetap menjaga kebersihan di lokasi Situ Cisanti dan menjaga keasrian lingkungan di sana serta tidak membiarkan keseimbangan terganggu.

“Oleh karena itu kita harus menjaganya.Situ ini potensinya luar biasa. Mari kita jaga untuk generasi yang akan datang,”ucap dia.

Kades Tarumajaya A Iksan mengatakan, pihaknya bersama Sektor 1 Satgas Citarum Harum memang akan menjadikan Situ Cisanti menjadi salah satu destinasi wisata yang menjadi bagian dari desa wisata di sana. “Kami akan focus jadi desa wisata dan Situ Cisanti jadi salah satunya,”ucap dia.

Sementara itu, Dansektor 1 Citarum Harum Kolonel Kavaleri Purwadi menambahkan, pihaknya akan menindaklanjuti sumbang saran dari Kemenko PMK terhadap kemajuan Situ Cisanti.

“Terima kasih masukannya, ini akan menjadi catatan bagi kami agar lebih teguh dan bergairah menjaga potensi ini. Pesan ke masyarakat tolong dijaga dan dipelihara kawasan Situ Cisanti ini,”ucap dia.

Sementara itu, dalam kunjungannya, Monalisa didampingi juga oleh Aning Suci Ningsih Kabid Pemberdayaan Ekonomi Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kab.Bandung. Komandan Sektor 1 Kol Kav Purwadi berserta rombongan mengunjungi titik Kilometer 0 menggunakan LCR. Kemudian menuju mata sir Cisanti Dan Cikahuripan.(*)

No Comment

0
No Comments

Post a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.