Blog

Kepala BBWS Citarum Apresiasi Citarum Harum dan Siapkan Prioritas

KOTA BANDUNG-Kepala Balai Besar Wilayah Sungai Citarum Ir Bastari mengapresiasi Program Citarum Harum yang sinergi. Semua pihak terlibat di dalamnya mulai dari unsur pemerintahan, TNI, Polri, akademisi dan juga masyarakat.

“Citarum Harum saya kira sinergitasnya luar biasa karena sudah terbukti, kualitas air sudah lebih baik, penertiban bangunan-bangunan di sepadan sudah dilakukan. Sudah terlihat bagaimana Citarum Harum sudah melakukan sosialisasi kepada masyarakat, dan masyarakat akhirnya memahami,”ujar Bastari ketika ditemui di kantornya, Kamis (9/9/2021).

Sebagai pengampu utama Sungai Citarum, kata dia, sudah menjadi tugas BBWS Citarum memelihara Citarum dari hulu, tengah, dan hilir. Dia yang baru dipindahkan ke BBWS Citarum pada Agustus 2021 mengaku memiliki prioritas.

“Citarum ini ada tiga bagian mulai hulu, tengah dan hilir. Di Tengah ada tiga bendungan; Saguling, Cirata, dan Jatiluhur. Hulu (cekungan Bandung) ini sudah banyak menjadi perhatian. Sudah banyak yang dilakukan untuk hulu ini, ada Terowongan Nanjung, Kolam Retensi Gedebage, Cieunteung, dan Andir sekarang sedang on going. Nah, sekarang ini memang hilir tantangan ke depan,”ucap Bastari.

Di hilir, kata Bastari, terdapat dua sungai besar di DAS-nya sendiri yaitu Cijuray dan Cibeet. Rencananya BBWS Citarum akan membangun bendungan di kedua sungai tersebut.

“Belum ada bendungan di sana. Sekarang ini akan kita bikin 2 bendungan, bendungan Cibeet dan Cijuray. Kita bisa lelangkan di akhir September ini. Kalau 2 bendungan ini ada, artinya debit yang akan masuk ke Citarum hilir akan lebih terkontrol,”ujar dia.

Selain itu, bendungan tersebut guna memenuhi kebutuhan lain, untuk air baku, untuk irigasi, di samping menahan air untuk banjir.

“Nah, tapi juga tidak lupa tanggul-tanggul kritis yang ada di hilir itu perlu kita tangani. Kita sudah programkan kok, cuma memang sekarang ini dengan keterbatasan dana yang ada di pemerintah, harus kita maklumi. Dan kita mengupayakan tanggul-tanggul yang ada kita optimalkan dulu,”ujar dia.

“Next project itu tanggul-tanggul kritis itu harus kita tangani juga, kita sudah ada desainnya. Cibeet dan Cijuray mulai pelelangan september ini. Jika kedua bendungan itu jadi, mudah-mudahan masyarakat kiri-kanan Bekasi hilir (Karawang, kab. Bekasi) bisa tenang,”ucap Bastari menambahkan.(*)

No Comment

0
No Comments

Post a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.